Penyuap Sunjaya Purwadisastra Ternyata Pengusaha Ternama Asal Karawang

Skrensut lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang

Skrensut lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang


POJOKJABAR.com, KARAWANG– Kasus suap yang menjerat mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, ternyata menyeret nama seorang pengusaha asal Kabupaten Karawang, berinisial STN.

STN merupakan bos di perusahaan bernama PT. King Properti. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahkan sudah menetapkan STN sebagai tersangka pemberi suap untuk Sunjaya Purwadisastra. Selain STN, KPK juga menetapkan status tersangka HEJ selaku GM Hyundai Enginering Construction

“Keduanya diduga memberikan hadiah atau janji kepada Sunjaya selaku Bupati Cirebon periode 2014-2019 terkait dengan perizinan,” ujar Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, kepada wartawan, di Gedung Merah Putih KPK, beberapa waktu lalu.

STN diduga menyuap Sunjaya sebesar Rp4 miliar t‎erkait dengan pengurusan izin PT. King Propertindo. Suap tersebut dilakukan melalui seorang perantara yakni Ajudan Sunjaya.

Suap itu diberikan STN secara tunai kepada Sunjaya melalui ajudannya pada 21 Desember 2018.

Lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang

Skrensut lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang

 

“STN diduga membawa uang secara tunai dari Karawang untuk kemudian disetorkan di Cirebon,” ucap Saut.

Akibat perbuatannya, STN disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Korupsi.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun Pojokjabar.com dari berbagai sumber, nama STN memang sudah santer dibicarakan sejak KPK menetapkan Sunjaya sebagai tersangka.

Perusahaan yang dipimpin STN, disebut hendak membangun pabrik sepatu merk ternama di wilayah Cirebon Timur, tepatnya di Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, sebelum menetapkan tersangka kepada STN, KPK sempat melakukan penggeledahan di sejumlah tempat di Karawang.

Lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang

Skrensut lokasi usaha penyuap Sunjaya asal Karawang

 

Penggeledahan di Karawang menyasar pada tiga tempat, yaitu dua kantor pihak swasta diduga kantor PT King Properti dan satu rumah saksi. Penggeledahan tersebut dilakukan pada Kamis, 20 Juni 2019.

Informasi lain menyebutkan, sosok pengusaha bernama STN cukup dikenal di Kabupaten Karawang. Selain bergerak bidang industri, konon, keluarga besar STN juga merupakan pengusaha sukses di bidang bisnis tempat makan.

STN dikabarkan memiliki sebuah Resto dan Kafe besar di kawasan Galuh Mas, Karawang. Setidaknya kabar itu dibenarkan oleh seorang sumber terpercaya yang meminta identitasnya dirahasiakan.

“Iya, kafenya juga besar di Karawang,” ujar sumber ini.

(Ega/Pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.