Curhat DLH Kabupaten Cirebon Soal Pencemaran Lingkungan

Ilustrasi Pencemaran Lingkungan. Ist

Ilustrasi Pencemaran Lingkungan. Ist


POJOKJABAR.com, CIREBON– Penindakan atau sanksi tegas tidak pernah terjadi pada perusahaan yang bergerak di bidang stock file, dan menimbulkan polusi debu batubara yang mencemari lingkungan di wilayah Pantura Pangenan Cirebon.

Hal tersebut diungkap Kepala Bidang Pengendalian pemulihan dampak lingkungan dari DLH Kabupaten Cirebon, Yuyu Jayudi.

Yuyu mengaku tidak memiliki kewenangan dalam melakukan penindakan. Pasalnya tidak ada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di lingkungan DLH Kabupaten Cirebon.

“Kami akui masih banyak pelanggaran, namun kendala kami terdapat pada tidak bisa memberikan sanksi tegas, karena kami tidak ada PPNS di Dinas Lingkungan Hidup,” kata Yuyu seusai kunjungan kerja di PT. Pokphand Cirebon, Senin (18/11).

Ditambahkan Yuyu, pihaknya menemukan permasalahan dalam penanganan atau pengolahan limbah cair dari perusahaan besar lebih taat aturan, dibandingkan dengan industri menengah ke bawah yang masih kurang.

“Khusus untuk industri skala besar, mereka cukup taat aturan, tidak seperti industri menengah,” ujar Kabid Pengendalian pemulihan dampak lingkungan, tersebut.

Sedangkan menurut warga Astanmukti, Satori mengatakan, pencemaran udara di lingkungan sekitar Pabrik Produksi Pakan Ternak sangat menggangu pernapasan sepanjang waktu.

“Bagi warga sekitar atau tetangga merasakan dampak langsung dari polusi udaranya, yaitu bau yang menyengat,” ungkap tokoh masyarakat Astanmukti, tersebut.

Satori mengaku akan meminta klarifikasi pada pihak perusahaan, tentang dampak limbah yang dirasakan warga sekitar Pabrik Pakan Ternak yang berdiri di Desa Astanajapura.

“Yang merasakan langsung dari dampak negatif polusi adalah kami yang merupakan tetangga yang berdampingan, kami akan meminta klarifikasi pada pihak manajemen perusahaan,” demikian Satori.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.