Bhabinkamtibmas Desa Curug Berhasil Membina Puluhan Masyarakat Berbudidaya Ikan Lele dalam Keramba

Aipda Danu Bhabinkamtibmas Desa Curug. Dede

Aipda Danu Bhabinkamtibmas Desa Curug. Dede

POJOKJABAR.com, CIREBON – Seorang Polisi berpangkat Aipda Danu bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, berinovasi memanfaatkan aliran sungai dijadikan tempat Berbudidaya ikan jenis lele di dalam keramba.

Danu menuturkan, program budidaya ikan di dalam keramba merupakan program lanjutan dari penanganan sampah yang sukses dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Curug yang bekerjasama dengan lembaga independen dari masyarakat.

“Budidaya ikan dalam keramba ini adalah kelanjutan dari program sampah, dimana sungai yang dulunya dipenuhi sampah kini bersih karena masyarakat Berbudidaya ikan lele dipinggir kali,” Kata Danu saat ditemui di area Keramba Curug Susukanlebak Cirebon, Sabtu (9/11/2019)

Lebih lanjut, Danu menerangkan program budidaya ikan, dalam keramba di danai oleh anggaran Dana Desa Curug, untuk pemberdayaan masyarakat sekaligus cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

“Alhamadulillah masyarakat yang kami bina dalam program keramba ini sudah merasakan panen ikan hingga 3 kali,” Ujar Bhabinkamtibmas Desa Curug, tersebut.

Danu mengakui, pada awalnya program keramba ini menimbulkan pro dan kontra, karena sungai yang ada dipenuhi sampah dan pada musim kemarau sungai mengering, sehingga masyarakat tidak percaya program keramba dapat dilakukan.

“Keberhasilan berbudidaya ikan dalam keramba di sepanjang sungai ini, berdampak pada penanggulangan kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai,” ungkap Danu kepada pojokjabar.com

Danu menambahkan, pemanfaatan aliran sungai Desa Curug baru sekitar 20 persen saja dengan jumlah 60 keramba, sehingga pada tahun depan berharap program keramba bisa lebih banyak di ikuti oleh masyarakat Curug.

“Sudah hampir satu tahun ini kami membina 40 orang pembudidaya ikan lele dalam keramba di sungai, semoga tahun mendatang lebih banyak masyarakat yang ikut program keramba,” ujarnya

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds