Satu Hari Jelang Pilwu Polres Cirebon Kota dan Polres Cirebon Gelar Apel Pasukan

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy memeriksa kelengkapan pasukan. Dede

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy memeriksa kelengkapan pasukan. Dede


POJOKJABAR.com, CIREBON – Jelang hari Pemilihan Kuwu (Pilwu) di Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon Kota dan Polres Cirebon serentak gelar apel pasukan di dua lokasi berbeda.

Polres Cirebon Kota mengelar apel pasukan di area stadion Bima Kota Cirebon, sementara Polres Cirebon melangsungkan gelar pasukan di Stadion Ranggajati Kabupaten Cirebon pada Sabtu (26/10/2019).

Pilwu sendiri akan berlangsung pada Minggu (27/10/2019) besok. Sejumlah personel keamanan pun diterjunkan untuk mengantisipasi dan mencegah adanya kerawanan.

Untuk wilayah hukum Polres Cirebon Kota, diterjunkan sebanyak 900 personel yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Brimob, Satpol PP, dan Dishub ke beberapa TPS di Kecamatan Mundu, Kedawung, Tengah Tani, Gunung Jati, Suranenggala, dan Kapetakan Kabupaten Cirebon, dengan total 27 desa.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan, penerjunan personel ini untuk mengantisipasi adanya kerawanan dan upaya aksi teror. Sehingga, masyarakat bisa dengan nyaman menyalurkan hak pilihnya saat menuju ke TPS.

“Kita terjunkan sekitar 900 personel yang ditempatkan di TPS-TPS di desa yang menggelar Pilwu,” jelasnya usai Gelar Apel terpadu dalam rangka kesiapan pengamanan pungut suara Pilkuwu serentak tahun 2019 yang dilaksanakan di Stadion Bima Kota Cirebon, Sabtu (26/10/2019).

Kapolres pun mengimbau kepada semua pihak termasuk para calon Kuwu yang akan berkompetisi di Pilwu Kabupaten Cirebon, agar tetap menjaga kondusifitas. Karena, gelaran Pilkuwu ini hanya sebagai dan jangan sampai merugikan semua pihak hanya karena adanya provokasi.

“Kita punya Undang-Undang dan akan kita tindak tegas siapa pun itu,” jelasnya.

Sementara ditempat terpisah untuk wilayah Hukum Polres Cirebon, yang memang memiliki jumlah kecamatan terbanyak dalam gelaran Pilwu Kabupaten Cirebon, akan menerjunkan sekitar 2.251 personel di kecamatan di Kabupaten Cirebon, yang terdiri dari TNI, Polri, Brimob, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Cirebon. Bahkan, juga dibantu dari jajaran Polres Kuningan dan Majalengka.

Menurut Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, tahap pungut dan hitung suara di 149 desa di wilayah hukum Polres Cirebon, pada tanggal 26 hingga 28 Oktober 2019, dengan menggunakan tindakan preemtif dan preventif, serta intelejen kepolisian. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif saat berlangsungnya kegiatan.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto di dampingi Bupati Cirebon Imron Rosyadi. Dede

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto di dampingi Bupati Cirebon Imron Rosyadi. Dede

Kapolres pun menyampaikan, agar seluruh personil pengamanan bida bertindak netral dalam pelaksanaan pengamanan Pilkuwu, amankan masing masing calon kuwu, cermati dan tandak lanjuti lingkungan sekitar.

“Apabila ada permasalahan, segera dikoordinasikan, dan langsung menempati pos sesuai ploting yang sudah ditempatkan,” pungkasnya

(dat/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds