DPRD Kota Cirebon : Pemkot Harus Dalami Temuan Benda Misterius di Alun -Alun

Di lahan pembanguan alun-alun Kota Cirebon, ditemukan benda misterius. Dede

Di lahan pembanguan alun-alun Kota Cirebon, ditemukan benda misterius. Dede


POJOKJABAR.com CIREBON – DPRD Kota Cirebon, minta pihak terkait untuk mendalami temuan benda misterius yang ditemukan saat pembangunan proyek revitalisasi Alun-Alun Kejaksan.

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah mengatakan, ada dugaan benda misterius tersebut merupakan benda cagar budaya di alun-alun di Jalan Kartini, Kota Cirebon, dan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui dinas terkait untuk mendalami temuan tersebut.

“Harus ada penelitian terlebih dahulu untuk memastikan benda tersebut oleh tim arkeologi,” tuturnya Jumat (4/10/2019)

Pihaknya melanjutkan, apabila dari hasil penelitian diketahui benda misterius tersebut merupakan artefak kuno, maka DPRD Kota Cirebon akan mengeluarkan surat rekomendasi pemberhentian pembangunan sementara revitalisasi Alun-Alun Kejaksan.

“Pemberhentian pembangunan bukan keseluruhan proyek, tapi hanya titik – titik yang ditemukan benda tersebut,” ujarnya

Selain itu, pihaknya juga akan mendengarkan masukan dari tim ahli, apakah benda tersebut masuk kategori artefak atau bukan, karena itu merupakan ranahnya tim ahli arkeologi

“Tidak sembarangam juga mengeluarkan surat rekomendasi penghentian pembangunan proyek, kami juga harus mendengarkan tim ahli dulu yang memastikan benda tersebut masuk dalam kategori artefak,”pungkas M Handarujati Kalamullah.

Dari informasi yang di dapat, benda misterius tersebut merupakan kerangka manusia tanpa kepala, batu bata merah berukuran besar, gapura dan kendi abu.

Seluruh benda tersebut ditemukan saat pembangunan proyek revitalisasi alun -alun di kedalaman empat meter.

(dat/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds