Harapan Kemenhub RI pada Pemda Cirebon Soal Perlintasan Sebidang

kecelakaan kereta (iluatrasi)/Foto:.Istimewa

kecelakaan kereta (iluatrasi)/Foto:.Istimewa


POJOKJABAR.com, CIREBON– Berbagai titik perlintasan sebidang tanpa berpalang pintu terjadi banyak kecelakaan yang merenggut nyawa masyarakat Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut menjadi tanda tanya di benak masyarakat terkait siapa yang harus bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan masyarakat.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Irjen Pol Budi Setiyadi menuturkan, pihaknya meminta Pemerintah Daerah harus ikut merencanakan dalam membuat kajian terhadap perlintasan sebidang yang resmi.

“Kami minta agar pihak Pemerintah Daerah yang membuat perencanaan untuk diajukan kepada pihak Kementerian PUPR atau ke Dirjen Kereta Api,” kata Budi, kepada Kantor Berita RMOLJabar, saat ditemui dilantai 4 Gedung Pasca Sarjana IAIN SNJ Cirebon, Sabtu (14/9).

Budi menambahkan, pihak Kementerian PUPR saat ini memiliki kebijakan di ruas jalan khususnya Pantura.

Pada tahun 2019-2020 akan membangun jalan flyover maupun underpass.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kota maupun Kabupaten Cirebon harus segera membuat kajian dan pengajuan pada Kementerian PUPR.

“Untuk perlintasan sebidang yang ada di Kota maupun Kabupaten Cirebon, kami sarankan untuk segera dibuat kajian dan segera dibuat pengajuannya pada Kementerian terkait, apakah perlu dibangun flyover atau underpass,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya yang lebih memahami wilayah dan kebutuhan adalah Pemerintah Daerah masing-masing.

“Jika ruas jalan tersebut adalah ruas jalan Provinsi, maka Pemerintah Pusat dapat membantu,” pungkasnya.

(yud/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds