Ribuan Warga Ciayumajakuning Saksikan Nadran Sedekah Bumi Gunung Jati

Masyarakat padati acara sedekah bumi nadran Gunung Jati. Kirno/pojokjabar

Masyarakat padati acara sedekah bumi nadran Gunung Jati. Kirno/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Ribuan warga dari berbagai daerah di Ciayumajakuning tumpah ruah memadati sepanjang jalan dari mulai bunderan Krucuk Kota Cirebon hingga area makam komplek Kramat Sunan Gunung Jati desa Astana, Kecamatan Gunung jati, Kabupaten Cirebon.

Ribuan warga tersebut guna menyaksikan acara Nadran atau Sedekah bumi yang di ikuti oleh ratusan karnaval dari berbagai bentuk replika dan lainya.

Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, dalam membangun kehidupan masyarakat baik kearifan lokal yang lebih maju dan lebih baik dari sisi pendidikan ekonomi maupuan sosial budaya.

“Nadran adalah sebuah tradisi yang lahir dari masyarakat pesisir Kabupaten Cirebon, memiliki budaya yang sangat kental dengan budaya,” kata Imron Rosyadi saat ditemui di acara Nadran, Sabtu (14/9/2019).

Plt Bupati Cirebon menambahkan, kegiatan nadran dan sedekah bumi di harapkan dapat memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan rasa syukur kepada sang pencipta.

“Kabupaten Cirebon memilik sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup besar sebagai modal di dasari yang di kelola dengan baik terarah akan mempunyai pencapaian pembangunan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar, Wawan Gunawan mengatakan, acara Nadran atau sedekah bumi yang bertanjuk Festival Budaya Cirebon masuk di tingkat nasional, ini adalah suatu kebanggaan bagi semua.

“Kabupaten Ciebon ini adalah atensi pariwisata, jadi jadikanlah semua aktivitas yang ada di Kabupaten Cirebon ini menjadi atraksi pariwisata, atraksi budaya, akraksi religi, atraksi kuliner sangat luat biasa karena Cirebon sangat luar biasa baik budayanya,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada masyarakat ini sebuah kratifitas akteasi bagaimana menkabolarasikan bebagai budaya di Cirebon semua ada.

(kir/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds