Inilah Agenda Karnaval Acara Sedekah Bumi atau Nadran Gunung Jati

Dirham, panitia karnaval sedekah bumi nadran gunung jati saat memberikan keterangan. Kirno/pojokjabar

Dirham, panitia karnaval sedekah bumi nadran gunung jati saat memberikan keterangan. Kirno/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Ratusan karnaval berbagai bentuk jenis binatang dan lain sebagainya akan ramaikan pada acara tradisi Nadran atau Sedekah bumi di makam kramat Sunan Gunung jati Kabupaten Cirebon desa Astana Kecamatan Gunung jati, Kabupaten Cirebon.

Acara tradisi adat istiadat Nadran atau Sedekah Bumi yang rutin di laksanakan setiap tahunnya secara rutin di laksanakan di desa tersebut. Kali ini akab diadakan pada tanggal 14, 15, 16 September 2019 yang akan datang dengan di isi berbagai jenis hiburan kesenian tradisional Cirebon di antaranya wayang, sandiwara dan lain sebagainya.

Dirham panita karnaval Gunung jati menjelaskan, pada acara adat istiadat Nadran atau Sedekah bumi, yang akan di gelar pada tanggal 14 hingga 15 September 2019 tentunya akan di saksikan ribuan warga Cianyumajakuning.

Menurut Dirham, pihaknya menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya khususnya yang akan melintas Jalan Sunan Gunung Jati agar menghindari untuk sementara. Dikarenakan adanya Karnaval Gunung Jati.

“Pada acara karnaval Sedekah bumi atau Nadran kami tidak membatasi ogoh-ogoh yang penting maknanya perjuangan Sunan Gunung Jati,” kata Dirman kepada pojokjabar.com, Rabu (11/9/2019).

Diantaranya, terang Dirham untuk acara sedekah bumi pada tanggal 14 September pukul 06.30 WIB pihak Keraton Kanoman datang, 07.00 WIB perjalanan ke tepi sungai Condong menuju ke Pancer (Muara) jam 07.30-09.30 berdoa kepada leluhur, demi keselamatan nelayan.

Kemudian pada pukul 10.00 WIB Sedekah bumi, kemudian pukul 12.00 WIB istirahat dan 13.00 WIB acara pelepasan karnaval. Rutenya jalan Sunan Gunung Jati memutar Krucuk Kota Cirebon dan kembali lagi ke lokasi atau finish Makam Sunan Gunung jati hingga pukul 18.00 WIB insyallah selesai.

“Ider-ideran atau karnaval acara Nadran atau Sedekah di tahun sekarang insyallah akan di ikuti sedikitnya 160 peserta akan memeriahkan acara ini,” ujarnya.

Dirman menambahkan untuk menjaga kondusifitas, pihaknya berkoordinasi dengan pihakn keamanan yang ada di Kabupaten Cirebon maupun Kota Cirebon.

(kir/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds