Ratusan Siswa Siswi TK dan SD Ikuti Lomba yang Digelar JSI

POJOKJABAR.com, CIREBON – Ratusan pelajar dari TK dan SD ikuti lomba yang diadakan Jarimatika Sempoa Indonesia (JSI) se-Kabupaten Cirebon di kampus UMC Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Minggu (25/8/2019).

Dalam kegiatan lomba gemilang ini yang bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa selama mengikuti bimbingan belajar di enam cabang JSI se-Kabupaten Cirebon.

Dewi Fitria Derektris JSI mengatakan, kegiatan ini, lomba di ikuti oleh 310 siswa TK dan SD. Tema lomba tahun ini “semangat berlatih dan berkarya untuk meraih cita-cita dalam kedirgahayuan Indonesia yang maju dan berbudaya”.

“Para pemenang lomba akan mendapatkan tropi dan bingkisan dari JSI,” kata Dewi.

Sementara itu, Solehudin pembina JSI menambahkan, lomba ini untuk mengasah kemampuan para siswa dalam berhitung cepat menggunakan jari atau bisa disebut Jarimatika. Kemampuan ini tidak ada di bimbingan belajar manapun, hanya di JSI siswa bisa belajar matematika dengan cepat.

Dirinya berharap ajang lomba ini dilirik oleh pemerintah dan dijadikan ekstrakurikuler bagi sekolah. Metode menghitung cepat dengan jari baginya merupakan kemampuan yang harus dikembangkan.

“Karena dengan metode ini akan mampu membuat anak berhitung dengan cepat tanpa bergantung dengan alat elektronik,” kata Solehudin.

Pengamat Pendidikan, Ade Riyaman menginginkan, pemerintah daerah melalui dinas pendidikan Kabupaten Cirebon dapat memberikan kesempatan kepada sekolah untuk menjadikan jarimatika sebagai salah satu ekstrakurikuler.

Dari pantauan pojokjabar.com ratusan para siswa dan siswi atusias mengikuti lomba gemilang yang di gelar oleh JSI.

(kir/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds