Disdukcapil Kabupaten Cirebon Buka-bukaan Soal E-KTP

Ilustrasi KTP

Ilustrasi KTP

POJOKJABAR.com, CIREBON– Keluhan perihal E-KTP sudah bukan lagi menjadi rahasia di kalangan masyarakat luas.

Sebagaimana masyarakat Kabupaten Cirebon masih banyak yang mengeluhkan kesulitan mendapatkan E-KTP.

Kepala Bidang Dafduk Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Ernedin mengakui pihaknya hanya mendapat jatah blanko E-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara terbatas.

Sehingga, pihaknya mendapatkan perintah dari Kemendagri untuk menggantikan E-KTP dengan Surat Keterangan (Suket).

“Kami tidak mempersulit masyarakat mendapatkan E-KTP, namun sampai saat ini, kami hanya mendapat jatah blanko untuk E-KTP sebanyak 500 buah dari Kemendagri setiap bulannya,” kata Ernedin, Senin (12/8).

Lebih lanjut, Ernedin meminta diluruskan, adanya anggapan pihak (red. Disdukcapil), meminta sejumlah uang kepada masyarakat jika ingin mencetak E-KTP.

Pasalnya, ada istilah untuk mendapatkan E-KTP pihaknya meminta uang cetak.

“Perlu kami klarifikasi, di sini bebas biaya, bila ada oknum di tingkat desa atau kecamatan, yang meminta sejumlah uang, itu hanya ulah oknum di lapangan dengan menjual nama Disdukcapil,” ujar Ernedin.

Ernedin menambahkan, agar masyarakat yang hendak membuat E-KTP ataupun Kartu Identitas Anak (KIA) datang langsung ke Disdukcapil Kabupaten Cirebon.

Hal itu penting agar tidak ada kesan pihaknya mempersulit dan meminta imbalan.

“Kami sangat berharap, masyarakat mau menguruskan sendiri pembuatan berbagai dokumen ke Kantor Disdukcapil, tentunya setelah melalui proses perekaman data di masing-masing Kecamatan,” tegas Ernedin.

Masih menurutnya, dengan diberlakukan sistem tanda tangan elektronik, maka prosesnya sangat cepat.

Masyarakat tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk mendapatkan KIA ataupun dokumen yang lainnya, selain E-KTP yang kuotanya blanko terbatas dari Kemendagri.

“Sekarang ini pelayanan kami sudah maksimal, untuk KIA atau dokumen yang lain bisa jadi dalam sehari dan paling lama 2 hari saja,” ungkap Ernedin.

(gan/rmol/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds