Gelar Pelatihan Promosi Pariwisata Kemenpar, IAIN Cirebon Siap Membuka Jurusan Pariwisata

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H Sumanta M.Ag (kanan), saat memberi materi mengenai pariwisata di Kota Cirebon. Alwi/pojokjabar

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H Sumanta M.Ag (kanan), saat memberi materi mengenai pariwisata di Kota Cirebon. Alwi/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Sebagai kota penuh sejarah dan budaya, Cirebon memiliki potensi unggulan pariwisata. Konsep demikian perlu diadaptasikan menjadi wacana dan rekomendasi pembangunan kota dalam berbasis lokalitas.

Untuk itu IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata mewujudkan suatu daerah mengangkat segala potensi menjadi pariwisata dari berbagai aspek seperti sejarah, budaya dan wisata dalam bentuk seminar dan pelatihan SDM.

“Kami sangat senang dan apresiatif dengan pariwisata. Cirebon ini tempatnya destinasi wisata mulai dari kuliner, religi, hingga sejarah. Untuk itu, kami juga akan mendukung potensi tersebut dengan mengembangkan prodi pariwisata di kampus ini, yaitu di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI),” ujar Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta M.Ag, Jumat (26/7/2019).

Seminar dan pelatihan SDM di gedung Pascasarjana Jalan Perjuangan tersebut diikuti 250 peserta dengan diberi pelatihan bagaimana untuk mempromosikan pariwisata di era sekarang dengan basis teknologi dan internet.

Sementara itu, Kasubid Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia menjelaskan mahasiswa merupakan kaum milenial yang memiliki potensi untuk dapat mempromosikan terkait pariwisata di suatu daerah melalui media sosial yang mereka miliki.

“Untuk peningkatan SDM ini adalah amanat Pak Jokowi, makanya tahun ini disebut tahun SDM. Untuk itu kami dari Kemenpar melakukan kegiatan ini yang salah satu sasarannya adalah mahasiswa. Mereka ini kaum milenial yang berkaitan dengan gadget. Mereka dapat memposting tempat wisata yang mereka kunjungi dengan menyertakan #wonderfulindonesia,” ujarnya.

(alw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds