Dinkes: Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Diutamakan

Enny Suhaeni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Ghofar/pojokjabar

Enny Suhaeni, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Ghofar/pojokjabar


POJOKJABAR.com, CIREBON – Anak usia sekolah merupakan sasaran strategis untuk pelaksanaan program kesehatan. Mereka anak SD/MI masih mengalami masalah gizi yang cukup serius, kesehatan gigi dan kesehatan indera penglihatan serta pendengaran.

“Pelayanan kesehatan di sekolah diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni melalui pesan singkatnya, Jumat (19/7/2019).

Diakuinya, upaya preventif antara lain kegiatan penjaringan kesehatan (screening kesehatan) untuk peserta didik. Kegiatan penjaringan anak sekoklah dasar maupun tingkat sekolah lanjutan sebagai bagian dari kegiatan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dimaksudkan sebagai upaya preventif untuk membantu menemukan masalah dari peserta didik khususnya terkait kesehatannya dalam rangka kesiapan menghadapi proses belajar.

“Sehingga diharapkan akan menunjang prestasi belajar bagi anak,” katanya.

Dari temuan – temuan masalah kesehatan peserta didik yang ada, perlu dilakukan tindak lanjut dari hasil penjaringan kesehatan dengan mengumpan balikkan ke pihak pengelola pendidikan atau guru serta kepada orang tua murid, sehingga bila memang harus dilakukan tindakan atau intervensi antara lain pemeriksaan lanjutan dengan rujukan akan segera dapat ditintaklanjuti.

“Tujuannya yang pertama ialah meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar. Kedua terdeteksinya secara dini masalah kesehatan peserta didik, sehingga bila terdapat masalah dapat segera tindaklanjuti,” ulasnya.

Ketiga lanjut Enny, tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan. “Yang melaksanakan itu petugas UKS di Puskesmas – puskesmas,” tukasnya.

(gfr/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.