1572 Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Dilepas KKN di Brebes

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H Sumanta M.Ag (keempat dari kiri) saat di upacara pelepasan 1.572 mahasiswa untuk KKN di Kabupaten Brebes. Alwi/pojokjabar

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H Sumanta M.Ag (keempat dari kiri) saat di upacara pelepasan 1.572 mahasiswa untuk KKN di Kabupaten Brebes. Alwi/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Sebanyak 1.572 mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon hari ini dilepas oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H Sumanta M.Ag untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Brebes, Rabu (10/7/2019).

Pelepasan bertempat di halaman rektorat tersebut Sumanta berharap kepada mahasiswa selama menjalani KKN agar bisa mengimplementasikan ilmu saat belajar di kampus. Sebab menurut Sumanta masyarakat merupakan laboratorium yang nyata.

“Karena salah satu unsur Tridharma perguruan tinggi adalah di samping pembelajaran, penelitian juga ada pengabdian. Harapannya mahasiswa ini bisa mengimplementasikan ilmunya selama belajar di kampus,” kata Sumanta.

Sumanta juga menjelaskan, output dari KKN tahun ini adalah adalah bagaimana mahasiswa saat di lapangan bisa mengembangkan skill dan kemampuannya, sehingga mahasiswa bisa memahami heterogen sebuah kehidupan sosial masyarakat.

“Jadi di situ juga ada proses yang alami, proses sosial bagimana mereka melakukan upaya praktik sosial dengan lapisan masyarakat. Mereka kan berpraktek baru dalam masyarakat homogen di kampus. Di sana mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat yang heterogen,” ujar Sumanta.

Mahasiswa mengikuti KKN juga terdiri 982 dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), 333 dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, dan 347 dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD).

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds