Pemkot Akan Urusi Sampah di Gapura Selamat Datang

Warga saat melintas di TPSS Tuparev. Alwi/pojokjabar

Warga saat melintas di TPSS Tuparev. Alwi/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Persoalan sampah mengganggu pengguna jalan di gapura Selamat Datang Kota Cirebon akan diseriusi pemerintah setempat. Kondisi sampah di lokasi tersebut telah menjadi perhatian karena menjadi pemandangan tidak sedap. 

“Memang hal itu merupakan tempat pembuangan sampah sementara yang diambil dari warga sekitar. Mengantisipasinya tiap waktu tertentu kita kerahkan tim atau petugas pengangkut sampah untuk mengangkut dan membuangnya ke Kopiluhur,” ujar Kadis LH Kota Cirebon, Abdullah Syukur, Jumat (24/5/2019). 

Syukur pun mengungkapkan, mesti seringkali bau menyengat dan mengganggu pengguna jalan, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengangkut sampah-sampah tersebut oleh petugas dengan menggunakan mobil pengangkut sampah. 

“Kita mengantisipasinya yaitu. Tiap hari kita angkut dan sampah-sampah akan dibuang ke TPA Kopiluhur. Hanya itu langkah paling tepat untuk menanggulanginya. Jadi kalau sampah numpuk, kita akan angkut dan membunangnya ke TPA Jatiluhur,” ungkap Syukur. 

Mengenai bau yang terus mengganggu pengguna jalan, Syukur menjelaskan akan diurusi. Syukur juga mengungkapkan lokasi tersebut merupakan TPS, yang sampah-sampahnya merupakan penampungan dari warga sekitar. 

“Ya lokasi di situ merupakan tempatnya, jadi kenapa di situ ya karena untuk menampung dari warga sekitar. Sebab kalau tidak ditampung akan dibuang sembarangan apalagi di depannya terdapat sungai. Sangat berbahaya jika membuang di situ,” terangnya. 

Sebelumnya, Wawan (49), petugas pembersih TPSS Tuparev, pihaknya menginginkan pemerintah setempat tidak menutup TPS tersebut. Sebab kata Wawan banyak penduduk sekitar yang ketergantungan hidupnya berangkat dari sampah-sampah menumpuk di TPSS tersebut. 

“Karena di sana kita akan memilah sampah mana yang memiliki nilai jual dan tidak. Jadi kalau pun ditutup kita akan mencari hidup kemana. Sedangkan tiap harinya kami yang merapikan sampah-sampah tersebut agar tidak meluber ke jalan,” tutup Wawan, saat ditemui di lokasi.

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds