7 Kecamatan Lakukan Penghitungan Esok Hari, Begini Kata KPU

Proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan Plumbon. Ghofar/pojokjabar

Proses rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan Plumbon. Ghofar/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Sopidi menjelaskan meski hari ini (Sabtu,red) hanya 33 Kecamatan yang melaksanakan penghitungan suara. Dipastikan akan selesai sebelum waktu yang telah ditentukan.

“Waktu penghitungan rekap suara di tingkat Kecamatan itu mulai dari tanggal 18 April hingga 4 Mei 2019. Jadi tidak masalah untuk 7 Kecamatan yang baru melakukan penghitungan esok hari (Minggu,red),” jelas Sopidi kepada pojokjabar.com saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/4/2019).

Dijelaskan Sopidi, tujuh Kecamatan yang akan melangsungkan perhitungan pada Minggu (21/4/2019) diantaranya Kecamatan Weru, Babakan, Depok, Gempol, Arjawinangun, Gebang dan Dukupuntang.

“Tidak jadi masalah meski penghitungan mulai besok. Justru di Kecamatan lain ada yang sanggup satu sampai dua hari selesai penghitungan. Diantaranya Kecamatan Ciledug, Pasaleman dan Sedong,” tuturnya.

Tahapan selanjutnya, lanjut Sopidi, setelah penghitungan suara di tingkat Kecamatan maka akan dilakukan penghitungan tingkat Kabupaten Cirebon. “Untuk tingkat Kabupaten merencanakan 1-3 hari selesai di tanggal 1 sampai 3 Mei. Kita memiliki rentang waktu dalam 20 April sampai 8 Mei, sesuai PKPU Nomor 4 Tahun 2019,” jelas Sopidi.

Sementara itu, pantauan pojokjabar di Kecamatan tergemuk yaitu Kecamatan Plumbon, pagi tadi sudah melakukan penghitungan. Di Kecamatan tersebut memiliki DPT sebanyak 60.641 pemilih tersebar di 15 Desa dan 254 TPS

“Untuk antisipasi lambat dalam proses penghitungan, kita lakukan dengan cara penghitungan 4 panel sekaligus. Contohnya dalam satu panel penghitungan langsung empat desa sekaligus dan itu sesuai ketentuan KPU,” kata Camat Plumbon Mohammad Ferry Afrudin.

Pelaksanaan penghitungan pleno tingkat Kecamatan Plumbon bertempat di Gor Desa Pamijahan Kecamatan Plumbon dan dijaga ketat oleh aparat keamanan baik dari TNI maupu Polri.

(gfr/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds