DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Gelar Seminar Trafficking untuk Siswa SMA

Dppkabp3a gelar seminar trafficking kepada puluhan siswa-siswi SMA. Kirno/pojokjabar

Dppkabp3a gelar seminar trafficking kepada puluhan siswa-siswi SMA. Kirno/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Puluhan para pelajar siswa dan siswi SMA sederajat ikuti seminar Trafficking yang di gelar Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon di salah satu hotel, Kedawung, Kamis (18/4/2019).

Plt Kepala DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Supadi Priatna melalui Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, Wiwin Winarni mengatakan, kegiatan kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan kampanye anti trafficking dan diskusi tentang UU No 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Pasalnya, salah satu faktor penyebab terjadinya trafficking ialah faktor kemiskinan yang tinggi serta rendahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat.

“Diharapkan dengan kegiatan ini para siswa dan siswi SMA sederajat ini mendapatkan wawasan baru tentang apa itu trafficking,” katanya.

Sehingga, lanjut Wiwin, diharapkan kepada siswa-siswi lebih waspada dan tidak terkena bujuk rayu oleh orang yang melakukan penipuan perdagangan orang yang sudah terorganisir.

Dalam seminar tersebut, para siswa-siswi SMA dibekali materi tentang bagaimana menghadapi para oknum yang tidak bertanggungjawab, yang menawarkan pekerjaan dengan bayaran tinggi. Para oknum-oknum itu, biasanya langsung datang ke rumah.

“Untuk mengantisipasi adanya trafficking yang menyasar para lulusan baru kami menghimbau agar anak yang baru lulus dan ingin bekerja di luar daerah hingga luar negeri wajib menghubungi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sehingga mendapat penjelasan mengenai prosedur bekerja diluar negeri,” tandasnya.

(kir/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds