Banyak Pelanggaran, Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten Cirebon Tertibkan APK

Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten Cirebon tertibkan alat peraga kampanye yang melanggar. Ghofar/pojokjabar

Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten Cirebon tertibkan alat peraga kampanye yang melanggar. Ghofar/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satpol PP Kabupaten Cirebon melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, Kamis (21/3/2019).

Komisioner pada Bawaslu Kabupaten Cirebon Nunu Sobari mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menegakkan aturan kepemiluan sesuai dengan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 pasal 34 dan Perbawaslu Nomor 28 Tahun 2018 alat peraga kampanye yang melanggar.

Bawaslu berkoordinasi dengan Satpol PP berhak menertibkan APK yang melanggar.

“Saya sarankan kepada peserta Pemilu jangan sampai memasang alat peraga kampanye yang tidak sesuai aturan,” kata Nunu Sobari di sela-sela penertiban APK.

Diakui Nunu, pihaknya sudah mensosialisasikan kaitan dengan tata cara pemasangan APK yang sesuai aturan. Namun faktanya masih banyak yang melanggarnya.

“Tidak menyalahkan Partai Politik tetapi calon-calon legislatifnya. Saya mau proses juga bingung pasti semua lempar batu sembunyi tangan,” ujarnya.

Pemasangan APK yang ditemukannya, aku dia, semua hampir melanggar.

Beberapa di antaranya ada yang memakai fasilitas umum, pepohonan dan lainnya.

” Silahkan nih untuk para caleg baca lagi aturannya. Dan seharusnya sebelum tim sukses atau relawannya memasang atribut kampanyenya, sang caleg itu memberikan gambaran mana saja tempat-tempat yang boleh dipakai untuk memasang APK tersebut,” jelasnya.

(gfr/pojokjabar)

loading...

Feeds