KONI Kabupaten Cirebon Dilantik Pekan Ini, Kepengurusan Sudah Jalan Berbekal SK

Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon Hengky Choernia./Foto: Dede

Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon Hengky Choernia./Foto: Dede

POJOKJABAR.com, CIREBON– Sejumlah enam pengurus KONI kota/kabupaten lainnya di wilayah Jawa Barat akan dikukuhkan pihak KONI Provinsi Jawa Barat.

Termasuk KONI Kabupaten Cirebon batal dilantik pada pekan ini. Pelantikan kabarnya digelar secara serentak di Kota Bandung.

Tidak hanya Kabupaten Cirebon, dalam acara pelantikan serentak tersebut kabarnya ada enam pengurus KONI kota/kabupaten lainnya yang akan dikukuhkan. Kabar tersebut belum lama ini disampaikan Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon terpilih, Hengky Choernia.

Menurut Hengki, sudah ada arahan dari KONI Jawa Barat untuk mengikuti pelantikan serentak di Kota Bandung. Namun, belum ada jadwal pastinya.

“Kebetulan memang bukan di kita saja yang pengurus KONI-nya belum dilantik,” kata Hengky.

Sebelumnya, KONI Kabupaten Cirebon membuat rencana pelantikan di salah satu hotel pekan ini. Rencana itu dipastikan batal.

Meski batal dan jadwal pelantikan kembali mundur, Hengky tak memusingkannya. Menurut dia, pengurus KONI periode 2019-2023 yang dipimpinnya sudah bisa bekerja karena legal standing-nya sudah ada.

“Ya, meski belum dilaksanakan pelantikan, namun KONI Jawa Barat sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 013 Tahun 2019 tentang Pengukuhan Personalia Pengurus KONI Kabupaten Cirebon Periode 2019-2023. Surat itu terbit pada 25 Februari lalu dan ditandatangani Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin,” katanya.

Berbekal SK tersebut, Hengky dan kawan-kawan sudah bisa menjalankan program kerja. Menurut Hengky, sejauh ini sudah menggelar sejumlah rapat koordinasi. Secara perlahan, program kerja 2019 mulai disusun. Hanya saja, belum bisa maksimal karena anggaran tahun ini terbilang kecil.

“Anggarannya kecil dan belum cair. Jadi belum bisa maksimal dalam menjalankan program kerja yang kami rencanakan,” kata dia.

Anggaran KONI bersumber dari dana hibah Pemerintah Kabupaten Cirebon. Tahun ini, totalnya hanya Rp1,5 miliar. Sangat kecil untuk mendanai program pembinaan lebih dari 30 induk organisasi cabang olahraga (cabor).

Hal itu diakui pula oleh Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Drs H Hartono. Menurut dia, KONI punya dana yang sangat terbatas tahun ini.

“Kami sarankan KONI berupaya mencari sumber dana lain. Mungkin masih bisa menjajaki ke beberapa perusahan daerah dan perusahaan negara yang beroperasi di Cirebon,” kata Hartono.

(ttr/RC/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds