Sorlipat Surat Suara Pemilu, KPU Kabupaten Cirebon Targetkan 10 Hari Selesai

Ratusan pekerja sedang melakukan penyortiran, pelipatan dan pengesetan surat suara. Ghofar/pojokjabar

Ratusan pekerja sedang melakukan penyortiran, pelipatan dan pengesetan surat suara. Ghofar/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon pada hari ini (Sabtu, 16/3/2019) mulai melakukan penyortiran dan pelipatan, serta pengesetan kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden.

Penyortiran, pelipatan dan pengesetan kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden tersebar di empat titik lokasi.

Pertama Gor Plumbon, kedua di Aula Balai Pelatihan Kerja (BLK), yang ketiga Mess 1 dan yang keempat Mess 2.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli mengatakan, penyortiran, pelipatan dan pengesetan kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden sebanyak 1.736.722 kertas surat suara.

Pihaknya melibatkan 650 pekerja dari warga masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Pekerjanya dibagi-bagi. 200 orang pekerja menyortir dan melipat di Aula BLK, 100 orang di mess 1, 100 orang di mess 2, dan 250 orang di Gor Plumbon 250,” kata Saefuddin Jazuli, Sabtu (16/3/2019).

Dikatakan Asep sapaan akrabnya Saefuddin Jazuli, sejauh ini setelah dilakukan penyortiran jumlah surat suara yang rusak, pihaknya belum mendapatkan datanya.

“Rekapnya belum ada ya, sore Insya Allah sudah ketahuan ada berapa yang rusaknya,” ujarnya.

Sopidi, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan pada KPU Kabupaten Cirebon menambahkan, untuk honor para pekerja per lembar para pekerja ini dibayar Rp. 75.

Pembayaran dilakukan dengan tiga kegiatan, pertama sortir, kedua pelipatan dan ketiga pengesetan.

“Hanya honor kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden saja di berikan honor Rp. 75 rupiah. Untuk kertas surat suara yang lain pekerja di bayar perlembar Rp. 100 rupiah,” kata Sopidi.

“Target minimal penyortiran dan pelipatan serta pengesetan semua surat suara 10 hari selesai, maksimalnya 15 hari,” tukasnya.

Pantauan Pojokjabar.com di lokasi pelipatan, semua tempat penyortiran dan pelipatan dijaga ketat aparat kepolisian.

(gfr/pojokjabar)

loading...

Feeds