Ibu Kasdim Kunjungi Kerajinan Daur Ulang Sampah Saung Camara

Istri-istri TNI kunjungi tempat daur ulang sampah. Indra/pojokjabar

Istri-istri TNI kunjungi tempat daur ulang sampah. Indra/pojokjabar

POJOKJABAR.com, CIREBON – Komunitas Daur Ulang Indonesia (KDU Indonesia) merupakan salah satu komunitas yang konsisten dalam bidang kerajinan dari bahan-bahan bekas yang dibuang ke tempat sampah.

Terletak di salah satu wilayah timur Cirebon, beberapa anggota komunitas daur ulang Indonesia merupakan istri-istri anggota aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Koramil Sindanglaut, Cirebon.

Kapten infanteri Mukmin merupakan Komandan di Koramil Sindanglaut, menerima kunjungan rombongan para istri staf Kodim 0620 Sumber Cirebon serta Korem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon.

Dipimpin oleh Ibu Kasdim, Pina melihat dari dekat bagaimana sampah plastik bekas minuman ringan yang diolah oleh tangan tangan kreatif istri para anggota koramil Sindanglaut menjadi barang barang kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Menurut salah seorang anggota Komunitas Daur Ulang Indonesia, Arni (48), mengaku jika daur ulang sampah yang dilakukan oleh anggota Persit Koramil Sindanglaut memanfaatkan sampah yang terbuang jadi berguna kembali bahkan bisa punya nilai ekonomis.

“Semuanya dari bahan bahan bekas atau sampah plastik yang kami manfaatkan kembali, “ kata Arni saat ditemui disela-sela acara kunjungan  Kasdim di Saung Camara Sungai Cimanis Sedong Kabupaten Cirebon, Kamis (14/3/2019).

Arni menambah lomba kreatif daur ulang yang dilaksanakan di Saung Camara ini sudah yang ke dua kalinya, kebetulan Koramil Sindanglautlah yang lolos dengan tema daur ulang.

“Kembali ke tema yang kami angkat, yaitu sampah yang membawa berkah dan yang terbuang bisa menghasilkan uang,” ujarnya.

Arni menambahkan, kunjungan para istri staf Kodim 0620 ke Saung Camara yang dipimpin oleh Istri Kasdim Mayor Infanteri Sulkifli Ibu Pina menjadi surprise bagi anggota Persit Koramil Sindanglaut.

Arni merupakan owner Saung Camara yang telah berhasil menata kawasan semak belukar di pinggir Sungai Cimanis Desa Putat Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.

Bangunan bangunan saung terbuat dari bahan bahan bekas dengan desain yang cantik, menjadi tempat santai baru dan obyek wisata bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

(ind/pojokjabar)

loading...

Feeds