Lewat SKTM Ilyas Gunawan, Dapat Jabatan Kuwu, Kok Bisa?

Ilyas Gunawan alias IG, Kuwu SKTM dari Kecamatan Astanajapura

Ilyas Gunawan alias IG, Kuwu SKTM dari Kecamatan Astanajapura


POJOKJABAR.com, CIREBON – SKTM menjadi sebuah kalimat sakti, SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu menjadi miliki kaum masyarakat bawah.

Diwilayah Timur Cirebon SKTM dikenal untuk mengurus atau mendapatkan kemudahan pembenasan biaya bagi masyarakat miskin dalam mengakses pelayanan kesehatan, bahkan pada tahun 2018 lalu bisa mendaptkan sekolah pilihan bagi siswa yang melanjutkan ke tingkat SMA maupun SMK.

Tapi bagaimana jika mendengar SKTM dipergunakan untuk mendapatkan jabatan sebagai Kepala Desa atau Penjabat Kuwu, Nyeleneh itulah yang terjadi pada seorang ASN di Kecamatan Astanajapura, Ilayas Gunawan atau IG kini terkenal diantara rekan rekannya dengan sebutan Kuwu SKTM.

Jika melihat sosoknya mungkin orang yang belum mengenalnya tidak akan percaya, jika sosok Ilyas Gunawan alias (IG) merupakan Penjabat Kuwu Desa Sidamulya, menilik jejak rekamnya, Ilyas Gunawan 55 Tahun telah malang melintang di dunia perkuwuan.

Tak disangka IG sapaan akrab ilyas gunawan ternyata pernah 3 kali menduduki jabatan sangat prestigious atau menggiurkan yaitu jabatan Kuwu atau Kepala Desa yang mengelola Anggran Milyaran rupiah setiap tahunnya.

Awak media mendapatkan kesempatan langka, melakukan wawancara khusus prihal sebutan nyinyir Kuwu SKTM yang disematkan kepada dirinya di lingkungan pemerintahan Kecamatan Astanajapura Cirebon Jawa Barat.

Ilyas Gunawan tanpa tedeng aling aling membeberkan ihwal dirinya di Cap sebagai Kuwu SKTM (Kuwu miskin), dirinya mengaku sudah 3 kali menjabat Kuwu diwilayah Kecamatan Astanajapura tanpa mengeluarkan biaya satu rupiah pun.

“Silahkan rekam ya, saya tidak memberikan sogokan dalam menerima SK Penjabat Kuwu, bahkan sudah 3 kali menjabat Kuwu di wilayah Kecamatan Asjap”. Bebernya Ilyas Gunawan pada pojokjabar.com saat ditemui dikomplek Pemerintah Kecamatan Astanajapura. Kamis (21/2/2019)

Lanjutnya Ilyas mengatakan dirinya tidak meminta minta jabatan, namun pimpinannya ternyata menunjuk dirinya untuk menjabat Kuwu di Sidamulya, kondisi keuangan dirinya pun hanya sebagai staff Pol PP seperti pada umumnya, bahkan jika motor rusak dibantu berswadaya dalam perbaikannya.

“Kembali kepada niat kita, visi dan misi saya cuma satu, yang ruwed ruwed saya sikat, tujuan utama saya cuma bekerja untuk membangun dan memajukan Desa Sidamulya, mungkin itu pertimbangan dari Camat menunjuk saya, uang saya tidak punya, boro boro buat nyogok SK” Ungkapnya

Ditambahkan Ilyas Gunawan selama 3 kali menjabat Kuwu tidak pernah ada temuan dari pihak inspektorat, karena tidak ada praktek suap menyuap atau korupsi selama dirinya menjabat Kuwu.

“Alhamdulillah, selalu lancar lancar saja, jika ada oknum LSM, Oknum Wartawan atau lainnya yang membuat ruwed saya sikat” katanya

(yon/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds