Ribuan Linmas Kota Cirebon Turun Tangan Siap Sukseskan Pemilu 2019

Ribuan Linmas saat mengikuti Bimtek untuk mengamankan Pemilu 2019 di Kota Cirebon. /Foto: Alwi

Ribuan Linmas saat mengikuti Bimtek untuk mengamankan Pemilu 2019 di Kota Cirebon. /Foto: Alwi

POJOKJABAR.com, CIREBON– Ribuan Linmas Kota Cirebon hari ini telah dibekali Bimtek untuk mengamankan Pemilu 2019, Senin (18/2/2019). Linmas dibekali untuk mensukseskan serta menjamin Pemilu berjalan aman dan damai.

Sebanyak 1.958, mereka tersebar di beberapa kecamatan, seperti Harjamukti 672 anggota, di Kesambi 446 anggota, di Pekalipan 192 anggota, di Lemahwungkuk 378 anggota, dan di Kesambi 272 anggota. Diharapkan mereka dapat dapat memberitahukan KPPS jika melakukan kesalahan.

“Khususnya TPS saat penghitungan suara di PPK, dan tentunya mereka bekerja dengan mekanisme yang ada atau yang berlaku,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

Agus pun mengungkapkan, yang paling penting saat mereka bekerja adalah mengendalikan situasi saat terancam kisruh atau ada pihak yang melakukan provokasi, saat berlangsung penyoblosan ataupun perhitungan suara.

“Karenanya dengan Bimtek ini diharapkan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan dikerjakan jika terjadi gangguan keamanan atau ketertiban harus ditindak atau ditenangkan,” paparnya.

Bimtek ribuan Linmas tersebut, diisi materi-materi oleh pihak keamanan, yakni terdiri unsur kepolisian dan TNI. Juga mengenai mekanisme kepemiluan, juga dihadirkan untuk memberi pengetahuan yaitu KPU dan Bawaslu.

“Tugas mereka nanti sebagai teknis yaitu memanggil pemilih untuk masuk dan menuntun pemilih untuk memasukan kertas suara kedalam kota suara yang tepat,” pungkas Agus.

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds