Ada Saluran Irigasi Cantik dan Unik di Cirebon Timur, Pria Ini Beberkan Perubahannya

Para Pemuda Kiwiyar bersama masyarakat percantik lingkungan di Blok Kiwiyar Sidamulya./Foto: Yon

Para Pemuda Kiwiyar bersama masyarakat percantik lingkungan di Blok Kiwiyar Sidamulya./Foto: Yon

POJOKJABAR.com CIREBON– Menata lingkungan, kini makin digandrungi oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Cirebon. Memiliki lingkungan yang indah dan nyaman, serta asri tidak lagi milik kaum elit atau pejabat yang sering korupsi, seperti pada komplek perumahan mewah pada umumnya.

Namun, terlihat pada salah satu wilayah Kecamatan Astanajapura, terdapat saluran irigasi yang unik hasil dari kreatifitas belasan pemuda asal Blok Kiwiyar, Desa Sidamulya.

Saluran irigasi yang dulunya dipenuhi oleh sampah kini tampak bersih.

Dituturkan oleh Rendy (30), bahwa semua perubahan saluran irigasi merupakan inisiatif dari pemuda yang ada di Blok Kiwiyar. Dengan mulai membersihkan sampah di saluran pemukiman, hingga bersih dari sampah yang terbawa oleh air.

“Semua sampah yang ada di saluran air kami angkat, lalu kami angkut ke tempat pembuang sampah sementara atau TPS,” tutur Rendy, salah satu tokoh pemuda setempat pada Pojokjabar.com saat ditemui di area irigasi Desa Sidamulya.

Saluran irigrasi unik di Cirebon

Saluran irigrasi unik di Cirebon./Foto: Yon

 

Rendy menambahkan, masyarakat di lingkungannya kini mulai simpatik dengan membantu secara berswadaya, baik dalam kegiatan bersih-bersih,  maupun menyisihkan sedikit materi untuk pengecatan batu senderan di sepanjang aliran irigasi.

“Alhamdulillah, baik masyarakat maupun Pemerintah Desa setempat mulai simpatik, mungkin melihat kepedulian dari para pemuda,” tambahnya.

Lanjutnya, Rendy mengatakan suatu kegiatan pasti tidak jauh dari yang namanya biaya, karena tidak mungkin juga suatu penataan lingkungan tidak membutuhkan biaya oprasional dalam pelaksanaannya.

Saluran irigrasi unik di Cirebon

Para Pemuda Kiwiyar bersama masyarakat percantik lingkungan di Blok Kiwiyar Sidamulya./Foto: Yon

 

“Kami pemuda Kiwiyar bersawadya bersama masyarakat lainnya, mungkin juga ke depan Pemdes bisa menganggarkan agar penataan lingkungan bisa maksimal,” harapnya

Masih menurut Rendy, terealisasinya pengecatan di saluran irigasi mendapatkan support dari berbagai kalangan, mulai dari Ketua RT dan RW. Bahkan, support juga datang dari The HIGH Team FORKOCI (Forum Kerukunan Komunitas Cirebon).

“Biasanya dulu disini saat musim hujan saluran irigasi tersumbat sampah,” tandasnya.

(yon/pojokjabar)

loading...

Feeds