GP Ansor Cirebon Gelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan, Tujuannya Mulia

Anggota Ansor sedang mendapatkan pelatihan kepemimpinan lanjutan di Padepokan Al Bushtomi, Mundu Cirebon./Foto: Yon

Anggota Ansor sedang mendapatkan pelatihan kepemimpinan lanjutan di Padepokan Al Bushtomi, Mundu Cirebon./Foto: Yon

POJOKJABAR.com CIREBON– Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) Se-Jawa Barat.

Beberapa peserta datang juga dari Jawa Tengah dan Jawa timur. Lokasi kegiatan bertempat di Padepokan Al-Busthomi, Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Ketua GP Ansor Kabupaten Cirebon  M. Ujang Busthomi mengatakan, Gerakan Pemuda Ansor merupakan salah satu perangkat organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang mengemban mandat melaksanakan kaderisasi di kalangan pemuda.

Tujuannya, kata dia, untuk menjamin keberlanjutan paham Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) Annahdliyyah dalam kehidupan masyarakat, dan bangsa Indonesia. Faham Aswaja harus terus dikembangkan dan dipertahankan.

”Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) merupakan pendidikan kader jenjang menengah dalam sistem kaderisasi GP Ansor. Ini dimaksudkan untuk mencetak kader pemimpin organisasi Milenial dan masyarakat di tingkatan Pimpinan Cabang atau kabupaten/kota,” ujar Kang Ujang, sapaan akrab Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon.

Dikakatakannya, PKL sebagai salah satu upaya dalam membentuk kader-kader GP Ansor untuk siap mengawal ulama, menjaga aqidah Ahlussunnah Wal Jjamaah Annahdliyah, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“PKL adalah pelatihan lanjutan yang ada di GP Ansor, dari sini (PKL) diharapkan lahir kader yang siap untuk menjadi Calon-Calon Instruktur yang nantinya bisa menjadi Pembimbing dan Pengarah di setiap Pelatihan yang ada di GP Ansor khususnya di tingkat PKD,” papar Gus Adung, Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor.

Dengan mengangkat tema “Kaderisasi Calon Pemimpin Milenial yang Religius dan Nasionalis” PC GP Ansor meyakini bahwa PKL yang pertama ini bisa menjadi Acuan Spirit Pergerakan Kader di seluruh Kota-Kabupaten se-Provinsi Jawa Barat. Sehingga mereka bisa menerapkan semangat mencerahkan dan menggerakkan di Kota-Kabupaten masing-masing.

(yon/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds