Berapa Umurnya Nenek Moyang Orang Cirebon, Tim Arkeolog Terkejut dan Beberkan Ini

Kuburan yang diduga nenek moyang Orang Cirebon yang telantar (yon)

Kuburan yang diduga nenek moyang Orang Cirebon yang telantar (yon)

POJOKJABAR.com,CIREBON— Jauh sebelum babad tanah Cirebon dan Kejayaan Kesultanan Cirebon pasti ada peradaban di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Siapa nenek moyang orang Cirebon?

Namun minimnya prasasti ataupun peninggalan peradaban nenek moyang terdahulu, membuat gelap cerita sejarah nenek orang Cirebon.

Tidak seperti di Daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, di dua provinsi tersebut banyak ditemukan bangunan bersejarah yang masih bisa disaksikan hingga hari ini.

Tapi jangan berkecil hati, di salah satu pojok wilayah Cirebon telah ditemukan satu peninggalan penting dari jejak kehidupan nenek moyang orang Cirebon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Pojokjabar.com, diketahui bahwa di areal tersebut sampai dekade 80-an, terdapat dua kubur batu.

Namun yang tersisa saat ini hanya tinggal satu kubur batu yang telah diteliti oleh tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung pimpinan Drs. Lutfi Yondri, M.Hum pada akhir tahun 2013 silam.

Hasil penelitian para arkeolog sangat mengejutkan, dari kubur batu yang terbuat dari enam papan batu andesit, 4 diantaranya merupakan bagian memanjang, sementara 1 yang lainnya sebagai pembentuk bagian kedua sisinya.

Dalam peti kubur batu ditemukan lapukan perunggu dan berbagai barang bekal kubur seperti beliung persegi, wadah gerabah, gelang batu dan bulatan tanah.

Kubur batu nenek moyang orang Cirebon ini menghadap ke arah barat, berbeda dengan kuburan pada umumnya setelah masuknya peradaban Islam.

Demikianlah sekelumit cerita nenek moyang orang Cirebon yang dihimpun dari berbagai sumber oleh Pojokjabar.com.

(yon/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds