Ratusan Anggota Polisi Dilempari Massa dengan Batu di Kota Cirebon, Begini Suasananya

Suasana Sispam Kota pada simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kota Cirebon. (Alwi)

Suasana Sispam Kota pada simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Kota Cirebon. (Alwi)

POJOKJABAR.com, CIREBON– Ratusan anggota kepolisian dilempari massa dengan beberapa benda, karena protes atas penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019.

Petugas kepolisian berperalatan lengkap menggunakan perisai pengaman dan tongkat pemukul, terus didesak massa untuk bisa bubar. Lalu massa merusak kantor KPU.

Bahkan, dengan kekuatan massa yang coba merangsek masuk ke barisan petugas, satuan keamanan tersebut menembakan water canon hingga situasi memanas dan terpancing.

Beruntung, saat massa hendak berhasil melemahkan kekuatan petugas, satuan Brimob dari barisan  belakang petugas tersebut berhasil memukul mundur dan barisan massa buyar.

Itulah suasana ataupun kondisi saat petugas gabungan dari kepolisian dan TNI di Kota Cirebon, saat menggelar Sispam Kota di Jalan Siliwangi untuk mengamankan Pilpres dan Pileg 2019.

“Jadi pengamanan simulasi ini sekaligus memberikan perhatian kepada masyarakat bahwa kami dari Polres Cirebon Kota berikut TNI siap mengamankan demokrasi, siap mengamankan Pileg maupun Pilpres 2019,” ujar Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy, usai pimpin langsung Sispam Kota, Jumat (7/12/2018).

Pelaksaan Sispam Kota sendiri melakukan 5 simulasi, yakni patroli keliling, pengambilan kotak suara yang dicuri, pengamanan kampanye terbuka dan ODGJ di TPS, massa  protes (demonstrasi) dan peledakan benda yang diduga bom.

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds