Foto LVRI, Kilas Balik Cirebon Masa Perang Kemerdekaan

POJOKJABAR.com, CIREBON- Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Cirebon hari ini menggelar pameran foto-foto Cirebon masa perang kemerdekaan di Aula ICC masjid raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Senin (19/11/2018).

Dalam pameran tersebut, terpajang banyak foto menjelaskan kondisi Kota Cirebon saat melawan kolonial Belanda masa perang kemerdekaan Indonesia.

Dari mulai Panglima Perang Jenderal Sudirman, hingga presiden pertama Indonesia Sukarno, pernah tiba di Cirebon yang terekam dalam foto milik arsip LVRI Kota Cirebon itu.

“Ini adalah bentuk dari Jiwa Semangat Nilai Juang 45 (JSN 45), yang mana ini adalah kewajiban kita sebagai penerus bangsa untuk mengetahui sejarah dan pratiotisme, itu ada,” ungkap ketua pelaksana Jiwa Semangat Nilai Juang 45, Deden Karyana Koesnan.

Deden juga mengungkapkan, jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi kalangan muda saat ini sudah lagi tidak terbentuk dan mulai tergerus  budaya asing.

“Ini kan hal-hal itu sudah menipis atmosfernya. Sudah hampir langka. Sudah digerus oleh budaya-budaya asing yang masuk ke wilayah kita,” jelasnya.

Pameran foto-foto Cirebon masa perang kemerdekaan tersebut, rencananya akan berlangsung hingga Rabu (21/11/2018) depan dengan memiliki semangat kembali mengingat Cirebon masa perang kemerdekaan Indonesia.

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds