Bagaimana Kondisi Cirebon Masa Perang Kemerdekaan? Lewat Foto-foto Ini Ternyata Bisa Menjelaskannya

Arsip tentang kedatangan VOC di Cirebon. Alwi/pojokjabar.com

Arsip tentang kedatangan VOC di Cirebon. Alwi/pojokjabar.com

POJOKJABAR.com, CIREBON- Perang kemerdekaan Indonesia yang terjadi 1946-1949 ternyata bukan saja berlangsung di kota-kota besar seperti Yogjakarta, Surabaya dan Jakarta.

Di kota kecil didirikan Sunan Gunung Jati ini, masa 1946 sampai 1949 rupanya pernah berseteru pejuang setempat dengan tentara kolonial Belanda untuk meraih kemerdekaan.

Seperti Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Cirebon, pada waktu itu sedang baris-berbaris menunjukkan kekuatannya untuk mengusir tentara Belanda di Cirebon.

Juga ketika 19 Agustus 1945, organisasi angkatan laut bernama Angkatan Pemuda Indonesia Laut (APIL) berdiri, dengan menunjukan kapal perangnya yang berlabuh di pantai Cirebon.

Selain itu juga, di Alun-alun Kejaksannya, rakyat setempat berbondong-bondong mendukung presiden Sukarno untuk mengganyang Malaysia dalam tragedi Dwikora.

Kemudian masa 1946 tanggal 20 tepatnya bulan Agustus, Perdana Menteri Sutan Syahrir juga pernah tiba di Cirebon, untuk memberikan bantuan padi kepada rakyat India yang saat itu sedang kelaparan.

Kedatangan Syahrir ke Cirebon, yaitu untuk meraih dukungan pemerintah India atas kemerdekaan yang baru diraih Indonesia, dari tentara kolonial Belanda.

Kondisi Cirebon saat perang kemerdekaan Indonesia, ternyata waktu itu pernah didatangi tokoh-tokoh besar Indonesia, dengan segala kepentingan dan keperluan menjaga Indonesia dari serangan penjajah Belanda.

 

Pasukan ALRI Cirebon

Pasukan ALRI Cirebon 1946. Alwi/pojokjabar.com

 

Kapal ALRI Cirebon

Kapal ALRI Cirebon 1946. Alwi/pojokjabar.com

 

Alun-alun Kejaksan

Rakyat Cirebon saat mendukung Dwikora Sukarno mengganyang Malaysia. Alwi/pojokjabar.com

 

Sutan Syahrir di Pelabuhan Cirebon

Perdana Menteri Sutan Syahrir (di depan) saat di pelabuhan Cirebon memberikan bantuan padi kepada pemerintah India. Alwi/pojokjabar.com

 

(alw/pojokjabar)

loading...

Feeds