Ratu Arimbi Nurtina Beberkan Wilayah Sakral di Keraton Kanoman Cirebon, Apa Saja?

Warga Cianyumajakuning mandi di empat sumur area Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Minggu (18/11/2018)./Foto: Kirno

Warga Cianyumajakuning mandi di empat sumur area Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Minggu (18/11/2018)./Foto: Kirno


POJOKJABAR.com.CIREBON– Kawasan Kebon Jimat Keraton Kanoman merupakan wilayah sakral yang ada di Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Minggu (18/11/2018).

Hal tersebut diungkapkan juru bicara Keraton Kanoman Ratu Arimbi Nurtina, Kebon Jimat ini terdapat beberapa bangunan seperti Kedaton (bekas rumah tinggal Ke Danusela), Pulantara (tempat istirahat Pasukan Keraton) dan beberpa sumur yang dipercaya memiliki keutamaan dan fungsi sesuia kemauan yang punya hajat.

“Di antara sumur-sumur yang ada di Kebon Jimat, antara lain Sumur Bandung, Sumur Penganten, Sumur Kejayaan dan Sumur Witana,” Ujar Ratu Arimbi Nurtina kepada pojokjabar.com.

Baca: Paranormal Dadakan Berbaju Hitam Buka Lapak di Keraton Kanoman Cirebon

 

Sumur Bandung, katanya, adalah sumur yang paling besar di antara sumur yang lain.

kemudian Sumur Penganten, lanjutnya adalah sumur yang bentuknya paling rendah di antara sumur yang lain, dan Sumur Kejayaan adalah sumur yang berbentuk bundar,  sementara Sumur Witana adalah sumur yang dihiasi motif Wadasan.

“Keempat sumur tersebut airnya berfungsi untuk membasuh pusaka-pusaka Keraton, membasuh nasi jimat untuk ritual muludan, dan segala keperluan yang berkaitan dengan acara ritual lainya,” tuturnya.

Baca: Warga Saksikan Gamelan Sekaten Dibunyikan Menandakan Muludan Dimulai

 

Pada waktu waktu tertentu, katanya, keempat sumur itu sering dipakai warga dari berbagai daerah yang mengharap berkah dari air sumur itu.

“Seperti halnya sumur penganten, orang banyak percaya sumur itu cepat untuk mendatangkan jodoh, sementara Sumur Kejayaan dipercaya bisa menaikan jabatan dan wibawa,” bebernya.

“Pada intinya, keempat sumur itu kerap kali dimanfaatkan sesuai permintaan yang punya hajat. Sumur tersebut diyakini berbeda dengan sumur lainya karena sumur tersebut terletak di Kebon Jimat, sebuah tempat yang sangat sakral dan termasuk tempat privasi keluarga Keraton Kanoman,” jelasnya.

Baca: Prosesi Penyiraman Gong Sekaten Keraton Kanoman

 

Pada momen tertentu, masih kata Ratu Arimbi, seperti acara ritual panjang jimat dan Jumat Kliwon, keempat sumur itu banyak dimanfaatkan masyarakat dari berbagai daerah.

“Mereka mandi untuk membuang sial, cuci muka untuk membuka aura, maupun dibawa pulang untuk diminum sebagai obat dari segala penyakit,” tandasnya.

(Kir/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds