Warga Saksikan Gamelan Sekaten Dibunyikan Menandakan Muludan Dimulai

Gamelan Sekaten oleh Nayaga dibunyikan pada pukul 20.00 WIB di Keraton Kanoman Cirebon.

Gamelan Sekaten oleh Nayaga dibunyikan pada pukul 20.00 WIB di Keraton Kanoman Cirebon.


POJOKJABAR.com, CIREBON — Pada tanggal 08 Muwal-Pat-Ma (Mulud) tepat pada pukul 20.00 WIB. Gong Sekaten mulai dibunyikan di area Siti Hinggil tepatnya di Bangsal Sekaten, Komplek Keraton Kanoman Kota Cirebon, Sabtu malam (17/11/2018).

Juru bicara Keraton Kanoman Ratu Arimbi Nurtina menjelaskan, pada prosesi penabuhan Gamelan Sekaten ini ada jam-jam tertentu dan lagu – lagu tertentu yang menjadi pakem (hukum/ketentuan) ditabuhnya Gamelan Sekaten.

Proses penabuhan Gamelan Sekaten yang dibunyikan dari tanggal 08 sampai 12 Muwal-Pat-Ma (Mulud), itu jika dijumlahkan 8+12 = 20 yakni 20 sifat wajub Allah dan sifat muhal Allah. Adapun jam dan lagu-lagu yang ditentukanya adalah sebagai berikut.

Dalam setiap lagu, durasinya kurang lebih 75 menit dan lagu yang terahir dibunyikan adalah lagu diantaranya, Bango Butak sebagai lagu pamungkas yang dibunyikan tepat pada malam Pelal Panjang Jimat ketika Pawai Alegoris berlangsung dari Bangsal Jinem menuju Masjid Agung Keraton.

Dalam di tabuhnya Gamelan Sekaten pada pukul 20.00 WIB tersebut warga berbondong -bondong dari berbagai daerah hadir menyaksikan Gamelan Sekaten di bunyikan oleh Nayaga.

(kir/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds