Jelang Idul Adha 2018, DPPKP Cirebon Beri Imbauan Soal Hewan Kurban, Ini Pesannya

Masyarat sedang memilih hewan kurban, Senin (13/8/2018)./Foto: Alwi

Masyarat sedang memilih hewan kurban, Senin (13/8/2018)./Foto: Alwi


POJOKJABAR.com, CIREBON– Kabid Pertanian, Peternakan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Herry Renaldi, mengimbau kepada masyarakat yang ingin berkurban hendaknya mengutamakan aspek kesehatan bagi hewan atau cara-cara sterilisasi saat pemotongan daging.

“Hewan yang sehat telah disertifikasi oleh kami dengan dibantu pihak-pihak terkait. Dan diusahakan kalau menyembelih menggunakan alat yang tajam karena tidak menyiksa hewan,” jelasnya.

Baca: Hewan Kurban di Kota Sukabumi di Periksa Empat Putaran

 

Lebih lanjut, Herry menjelaskan, selain disembelih dengan alat yang tajam, saat pengemasan daging kurban jugs diusahakan menggunakan plastik food grade dan tidak menggunakan kresek hitam.

“Hal ini dikarenakan daging memiliki sifat menyerap dengan cepat, sehingga jika dibungkus dengan kresek bisa menyerap zat kimia atau zat berbahaya lain yang terkandung dalam kresek tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, DPPKP sendiri pada H-7 atau H+1 lebaran Idul Adha akan memantau langsung beberapa hewan kurban yang dijual-belikan dan melihat-lihat proses pemotongannya.

Baca: Pedagang Bersaing Tingkatkan Mutu Hewan Kurban

Hewan Qurban Cirebon

Masyarat sedang memilih hewan kurban, Senin (13/8/2018)./Foto: Alwi

 

Menurut data 2017, DPPKP mencatat hewan kurban yang ada di Kota Cirebon sebanyak 5.300 dengan rincian 5000 kambing dan 300 sapi.

“Setiap tahun, jumlahnya akan meningkat dan selalu fluktuatif,” tandasnya.

(alw/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds