Begini Cara Daftar Imigrasi Cirebon dari WA

Kepala Imigrasi Kelas II Cirebon, Muhammad Tito Andrianto. Foto: Alwi/pojokjabar.com

Kepala Imigrasi Kelas II Cirebon, Muhammad Tito Andrianto. Foto: Alwi/pojokjabar.com

Cari Aman

POJOKJABAR.com, CIREBON– KEMAJUAN teknologi dimafaatknya untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Hal ini dilakukan juga oleh Kantor Imigrasi. Di Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, warga telah memanfaatkan fasilitas pendaftaran Whatsapp Imigrasi Cirebon.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon, Muhammad Tito Andrianto menjelaskan, sejak diberlakukan pelayanan WhatsApp 3 bulan lalu. Walau belum semua warga, tapi beberapa telah terbiasa dan memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Hari ini, ada sekitar 15 orang yang telah mendaftar melalui Whatsapp,” kata Tito kepada Pojokjabar.
Menurut dia, ini adalah bentuk reformasi birokrasi bebas korupsi yang melayani masyarakat secara tepat, cepat dan profesional.

“Tentunya kami mengharap masukan dan kritik yang membangun untuk perbaikan peningkatan pelayanan kantor Imigrasi klas II Cirebon kepada masyarakat,” ungkap Tito, Jumat (10/8/2018).

Sementara seorang pemohon pembuatan paspor, Iki (27), mengatakan, pendaftaran Whatsapp sangat membantu pelayanan. Kata dia, tak perlu mengantri atau menunggu berjam-jam hanya untuk mendaftar.

“Melalui media pendaftaran WatsAp, pengunjung datang tidak perlu mengantre panjang dan harap-harap cemas. Kita dapat mendaftar melalui WatsAp untuk tahu jadwal antrean. Sekitar setengah jam urusan di sini sudah selesai,” kata Iki.

Iki berharap, Kantor Imigrasi Cirebon terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik memudahkan masyarakat.

Adapun cara menggunakan layanan tersebut cukup mudah yakni pemohon tinggal mengetik #NAMA#TGLLAHIR#TGLLAYANAN lalu kirim ke 0823 2000 9000. Tentu saja dengan sejumlah ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi pemohonnya.

Syarat dan ketentuan itu diantaranya, memastikan keberadaan kuota dengan cara ketik #jadwal; wajib menggunakan nomor pribadi; wajib membawa dokumen asli; kode booking harus diperlihatkan saat datang ke Kantor Imigrasi.

(alw/pojokjabar)


loading...

Feeds