Musim Hujan di Kota Cirebon, Ini Komoditas yang Alami Kenaikan Harga di Sejumlah Pasar

Suasana pedagang cabai di Pasar Kanoman/Foto: Alwi

Suasana pedagang cabai di Pasar Kanoman/Foto: Alwi


POJOKJABAR.com, CIREBON – Musim hujan di Kota Cirebon berdampak pada pasokan komoditas seperti cabai merah, hijau, dan keriting di berbagai pasar tradisional.

Seperti halnya di Pasar Kanoman Kota Cirebon, Pantauan Pojokjabar terhadap sejumlah jenis cabai merah berada pada kisaran harga 50 ribu rupiah perkilogramnya dari sebelumnya 40-45 ribu rupiah.

Kenaikan harga cabai tersebut, disebabkan jumlah pemasok semakin berkurang di berbagai daerah karena curah hujan hujan cukup tinggi sejak pertengahan Februari 2018.

“Kalau harga di pasar itu kan tergantung pasokan dari pemasok. Semakin berkurang jumlah pasokan, maka semakin naik pula harga cabai di pasar,” terang Muslimah (45), pedangang pasar Kanoman kepada pojokjabar.com, Kamis (8/3/2018).

Selain itu, naiknya harga cabai pada awal Maret ini tidak dibarengi dengan naiknya harga bawang merah dan putih yaitu kisaran 24 dan 30 ribu dari sebelumnya 20 dan 35 ribu perkilogramnya.

Sementara itu, di pasar Jagasatru  mengalami kenaikan harga yakni daging ayam. Dari sebelumnya 28 ribu kini menjadi 38 ribu perkilogramnya.

“Ya kira-kira kisaran kenaikan mencapai 10 ribu rupiah. Dampak kali ini membuat pembeli sepi dan terpaksa jumlah pesanan dikurangi,” terang Rusminah (53), pedagang ayam pasar Jagasatru.

(alw/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds