Polisi Cirebon: Simpang Jalan Miliki Dua Jenis Rambu Berbeda

Rambu lalu lintas (ilustrasi). Foto: RENDI/RADARSUKABUM

Rambu lalu lintas (ilustrasi). Foto: RENDI/RADARSUKABUM

POJOKJABAR.com, CIREBON– Persimpangan jalan memiliki dua jenis rambu yang berbeda. Yakni, belok kiri langsung dan belok kiri ikuti isyarat lampu lalu lintas. Kedua rambu tersebut memiliki fungsi dan peran yang berbeda.

Hal ini dikatakan Kepala Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Setijo Hermawan.

“Tidak semua persimpangan bisa dilalui dengan belok kiri langsung. Meskipun para pengguna kendaraan terbiasa dengan rambu belok kiri langsung. Sesuai tulisan yang tertera pada rambu,” katanya.

Namun, saat ini rambu tersebut sudah beberapa diganti rambu belok kiri ikuti isyarat lampu lalu lintas.

Misalnya untuk rambu belok kiri langsung merupkan rambu yang bergungsi agar mengurangi kapasitas jalan. “Rambu ini biasanya terdapat pada ruas jalan yang cukup luas, misalnya di Jalan Cipto,” ujar Setijo, kepada Radar Cirebon.

Baca juga: Satlantas Polresta Bogor Kota Permudah Pelayanan bagi Pelangggar Lalu Lintas dengan UR Tilang Corner

Sementara itu, rambu belok kiri ikuti isyarat lampu merupakan rambu yang dipasang di persimpangan dengan ruas jalan yang sempit. Kisaran 6-7 meter. Ini difungsikan agar menghindari dan mengurangi titik konflik pergerakan arus kendaraan yang bergerak pada simapangan.

“Kalau tidak menginkuti rambu ini, mka besar kemungkinan akan terjadi titik konflik. Dan membuat kemacetan bahkan sampai kecelakaan,” tuturnya.

loading...

Feeds