Sawah Sejumlah Desa di Kecamatan Ini Alami Kekeringan

Seorang warga sedang melintas di jalan arah menuju Desa Bojong. Desa ini sawahnya pun kekeringan. Foto: Alwi/pojokjabar.com.

Seorang warga sedang melintas di jalan arah menuju Desa Bojong. Desa ini sawahnya pun kekeringan. Foto: Alwi/pojokjabar.com.


POJOKJABAR.com, CIREBON– Kekeringan sawah telah melanda beberapa desa di Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Kamis (1/2/2018). Padahal, bulan-bulan ini tercatat sebagai musim hujan.

Berdasarkan pantauan Pojokjabar.com di tempat, beberapa desa sawahnya mengalami kekeringan yakni Desa Slangit, Desa Bangodua, Desa Bojong, Desa Jemaras dan Desa Danawinangun.

Menurut salah satu petani Desa Bojong, Sud (58), sawah mengalami kekeringan sejak satu bulan kemarin, saat hujan mulai jarang turun. Sehingga, dikatakan Sud, beberapa sawah milik warga ada yang terancam gagal panen.

“Ini dikarenakan sudah satu bulan terakhir hujan jarang turun, menyebabkan para petani sawahnya ada yang mengalami kekeringan dan terancam gagal panen,” ujar Sud, mengatakan kepada Pojokjabar.com.

Kemudian, untuk mengantisipasi gagal panen, para petani akhirnya bergantian mengambil air dengan menyedot di bor yang menelan biaya hingga 150 ribu rupiah. Bahkan, hal itu dirasakan hampir kepada petani di sejumlah desa yang sawahnya mengalami kekeringan.

Baca juga: Ratusan Hektare Sawah di Desa Sukawangi Kekeringan, Petani Gagal Panen

Selain Sud, hal yang sama juga dirasakan petani Desa Bangodua, Sukira (36). Meski tanah di sawahnya mengalami retak-retak, ia rela malam hari keluar rumah untuk bisa mendapatkan air bergantian dengan petani lainnya.

“Saya juga kalau ingin mendapatkan air untuk menyirami padi, harus rela bergantian bornya dengan petani yang lain, berharap sawah saya tanahnya tidak retak-retak karena panasnya sengatan matahari,” terang Sukira.

Sejauh ini, hal yang dilakukan para petani untuk mendapatkan air guna menyirami tanaman padi mereka hanya mengandalkan bor. Belum ada solusi dari pemerintah daerah. Sebab kekeringan ini bisa mengancam gagal panen di kalangan petani sejumlah desa di Kecamatan Klangenan.

Sawah di Desa Bangodua, Kecamatan Klangenan yang mengalami kekeringan. Foto: Alwi/pojokjabar.com.

Sawah di Desa Bangodua, Kecamatan Klangenan yang mengalami kekeringan. Foto: Alwi/pojokjabar.com.

(alw/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds