Asiknya Swafoto di Kota Tua Cirebon

Sekelompok anak SMA sedang mengabadikan momen perpisahan sekolah dengan foto bersama di gedung tua BAT (Britsh American Tobacco) Kota Cirebon./Foto: Alwi.

Sekelompok anak SMA sedang mengabadikan momen perpisahan sekolah dengan foto bersama di gedung tua BAT (Britsh American Tobacco) Kota Cirebon./Foto: Alwi.


POJOKJABAR.com, CIREBON– Cirebon sebagai kota sejarah memiliki banyak peninggalan bangunan. Selain masa kesultanan Islam, Cirebon juga miliki zaman periode kolonial.

Masa kolonial itu, dibuktikan dengan banyaknya gedung-gedung bercorak Eropasentris di berbagai jalan, seperti Krucuk dan Sisingamangaraja berdiri megah.

Tak ayal, dari megahnya bangunan bertipe Eropa tersebut menyedot perhatian banyak kalangan, tak lebih anak muda untuk berswafoto menghabiskan waktu senggang.

Adalah yang menikmati jepretan kamera dengan latar background gedung kolonial, anak-anak dari salah satu SMA Negeri Cirebon. Seorang siswanya bernama Fauziah Amalia (18), mengatakan, mengambil anggel gedung kolonial karena ingin mengeksplorasi Cirebon dari gedung-gedung bersejarah.

“Ya, saya mengambil tempat ini karena teman-teman sepakat Cirebon sebagai kota sejarah. Kemudian, kami ingin mengeksplorasi itu lewat foto-foto agar publik tahu tentang benda peninggalan sejarah di Cirebon,” ungkap Fauziah, kepada Pojokjabar.com, Sabtu (27/1/2018).

Baca juga: Nasib Curug Gentong, Potensi Wisata Cirebon Tak Omong Kosong

Selain Fauziah, Lucky (30), seorang fotografer pun mengatakan hal serupa. Dikatakan Lucky, gedung dengan corak Belanda seperti BAT (Britsh American Tobacco) selain letaknya sangat strategis, juga sebagai heritage-nya Cirebon.

“Ya, karena gedung-gedung peninggalan pemerintahan Hindia-Belanda itu sangat menarik sebagai heritage. Maka banyak pegiat foto mengambil objeknya di tempat ini,” tutur pria asli Cirebon tersebut.

Seperti diketahui, gedung BAT (Britsh American Tobacco) sendiri berdiri tahun 1924, yang tertera pada depan gedung dan dulu gedung ini berfungsi sebagai pabrik rokok.

(alw/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds