Sudah 106 Warga, Organisasi Sosial Cianjur Kembali Lepaskan Perempuan yang Dipasung

Proses pelepasan Siti Halimah (26), perempuan asal Kampung Muaracikadu, Kecamatan Cidaun, Kabupaten, yang sudah bertahun-tahun dipasung.

POJOKJABAR.id,Cianjur – Organisasi Sosial Cianjur kembali melepaskan Siti Halimah (26), perempuan asal Kampung Muaracikadu, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, yang sudah bertahun-tahun dipasung.


Perempuan yang dipasung selama bertahun-tahun tersebut dilepaskan oleh organisasi sosial di Kabupaten Cianjur yakni Insan Sahate bekerjasama dengan Bagong Mogok.

Siti Halimah pun menjadi warga yang ke 106 dibebaskan organisasi sosial Insan Sahate yang sudah berdiri sejak 4 tahun lalu tepatnya 2018 lalu.

Baca Juga : Harus Waspada, Banyak Benang Layangan di Jalanan Cianjur Ancam Pemotor


Perwakilan Insan Sahate, Tatang mengatakan, pihaknya telah melepaskan Siti Halimah dari pemasungan.

“Alhamdulillah Siti Halimah yang sudah bertahun-tahun berhasil kita lepaskan,” katanya, Jumat (5/8/2022).

Setelah dilepaskan melepaskan pasung, pihaknya membawa perempuan tersebut ke rumah sakit untuk diberikan perawatan medis.

“Langsung kita bawa ke rumah sakit, karena setelah bertahun-tahun dipasung, dipastikan fisiknya lemah,” ujarnya.

Ia menjelaskan aktivitas Insan Sahate berawal dari keprihatinan terhadap maraknya orang dengan masalah kejiwaan di kabupaten Cianjur.

“Awalnya kami bergerak secara individu dari daerah masing tanpa ada bekal pengetahuan tentang kesehatan jiwa hanya sebatas mengantar pasien dengan masalah kejiwaan ke RSUD Cianjur,” tandasnya. (rc/pojokjabar)