Komisi II DPRD Cianjur Perluas Jaringan UMKM

INTIM: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ridwan Ilyasin saat berdiskusi bersama anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya terkait perekonomian masyarakat daerahnya masing-masing.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Komisi II DPRD Cianjur memanfaatkan momentum untuk memperluas jaringan pasar hingga ke Tangerang dan Tasikmalaya. Hal itu dilakukan pada rapat pembahasan terkait pengembangan Koperasi dan UMKM di Gedung DPRD Cianjur, Selasa (16/2).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cianjur, Ridwan Ilyasin memaparkan, koperasi dan UMKM Cianjur sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Cianjur.

“Momen ini sangat potensial sebagai media promosi. Sehingga mereka bisa lebih mengenal produk UMKM Cianjur,” ungkap Ridwan.

Menurutnya, tak sedikit produk UMKM Cianjur sebelumnya sudah masuk pasar Tangerang dan Tasikmalaya. Karenanya, bersamaan dengan momentum tersebut, ia kembali gencar membuka peluang pasar seraya mempromosikan UMKM khas Cianjur.


“Ini hal yang positif bagi kita. Melalui UMKM, perekonomian masyarakat meningkat, produksi banyak, hingga tercipta lapangan pekerjaan baru,” imbuhnya.
Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Wahidin menuturkan, selain membahas tentang UMKM, pihaknya juga membahas mengenai koperasi petani yang telah berjalan sejak lama di Cianjur.

“Di Kota Tasikmalaya sendiri lebih fokus ke sektor industri. Namun demikian, kami juga sudah merambah sektor pertanian, tapi kurang dominan. Karena itu, usai menggelar kunjungan kali ini, kami berencana untuk semakin mengembangkan sektor pertanian,” tutur Wahidin.

Di sisi lain, ternyata salah satu agenda bersama baik pihak Kota Tasikmalaya maupun Kabupaten Cianjur adalah pembenahan dan pengakomodiran Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjamur di pusat kota.

“Kaitan PKL dengan UMKM kan sangat erat. Itu menjadi perhatian khusus, baik untuk Kabupaten Cianjur maupun Kota Tasikmalaya yang ingin sama-sama membenahi PKL di daerahnya masing-masing, tanpa melemahkan perekonomian masyarakat,” sambung Wahidin.

(radar cianjur/lan)