Cuaca Buruk, Harga Sayuran di Cianjur Merangkak Naik

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kondisi cuaca buruk selama Februari 2016, mengakibatkan sejumlah harga sayur-mayur di Pasar Tradisional Pasar Cipanas meningkat tajam.

Harga cabai merah yang awalnya Rp40.000 per kilogram naik menjadi Rp48.000 per kilogram, cabai kriting Rp25.000 per kilogram naik menjadi Rp28.000 per kilogram, harga bawang daun Rp12.000 per kilogram naik menjadi Rp14.000 per kilogram, dan harga buncis semula Rp5.000 per kilogram naik menjadi Rp10.000 per kilogram.

“Kenaikan harga sudah berlangsung sejak beberapa hari ke belakang. Pemicunya akibat cuaca buruk yang terjadi selama bulan Februari,” ujar Kepala Pusat Pelayanan Pasar Tradisional Cipanas Kusmiadji.

Menurutnya, kenaikan harga sejumlah sayur-mayur naik cukup signifikan sehingga berdampak terhadap konsumen yang rata-rata merupakan rumah makan dan ibu rumah tangga. Namun untuk saat ini pasokan cabai merah dari Pasar Caringin Bandung masih mencukupi.


“Memang harga mahal, tetapi tidak kekurangan pasokan,” tuturnya.

Kusmiadji mengaku, belum bisa memprediksi sampai kapan harga sejumlah sayur-mayur akan kembali turun, karena harga dari para pemasok memang tinggi.

“Akan tetapi harga bisa saja turun, jika kondisi cuaca normal kembali,” ujarnya.

Maman (32) salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Cipanas mengatakan, harga sayuran seperti cabai merah saat ini terbilang tinggi. Pasalnya dalam kondisi normal harga cabai merah hanya Rp25.000 per kilogram.

“Dampaknya (kenaikan harga cabai) pembeli menjadi sepi, dan ada juga yang mengurangi jumlah dibelinya,” ungkapnya.

(radar cianjur/fhn)