Mobil Pelayanan Disdukcapil Cianjur Prioritaskan Wilayah Pedalaman

perekaman E-KTP
Ilustrasi e-KTP

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat. Sayangnya, belum semua masyarakat Cianjur memiliki identitas lengkap wajib itu. Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah menyiapkan satu unit mobil pelayanan yang akan mendatangi sejumlah daerah khususnya yang relatif jauh dari Kota Cianjur.

Mobil pelayanan jenis APV ini merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Barat 2015 yang belum berjalan sampai saat ini. Pengoperasiannya direncanakan akan dimulai pada pertengahan Februari 2016. Mobil ini akan meliputi pelayanan perekaman, percetakan dan jaringan serta dapat digunakan esok hari, Rabu (17/2).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar mengatakan, pihaknya akan melakukan identifikasi ke setiap kecamatan terlebih dahulu.

“Penduduk yang belum memiliki E-KTP serta jenis lainnya akan kami layani dengan optimal. Kita utamakan dahulu wilayah-wilayah yang terletak di pedalaman atau jauh dahulu, agar masyrakat tak terbebani dengan jarak tempuh untuk membuat identitasnya,” ucapnya.


Saat nanti mobil layanan tersebut sudah mulai beroperasi, lanjut Ginanjar, jangkauan pertama yang disasar adalah Kecamatan Cilaku.

“Berhubung pertama kalinya kita adakan pelayanan keliling, jadi target awal kita setiap harinya satu kecamatan itu satu hari,” terangnya.

Bahkan, pihaknya akan mencoba untuk melayani pada hari Minggu di Car Free Day (CFD), Jalan Abdullah Bin Nuh.

“Untuk kedapannya mungkin dalam satu harinya kita ke beberapa tempat atau kecamatan, melihat situasi dan kondisi yang ada dulu,” tambah Ginanjar.

(radar cianjur/cr2)