Kawasan Gunung Padang Cianjur Segera Disterilkan, Ada Apa?

Menteri Pariwisata berkunjung ke Gunung Padang, beberapa waktu lalu.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Situs Megalith Gunung Padang yang menjadi ikon Cianjur rencananya akan segera disulap menjadi sebuah kawasan wisata sejarah. Bahkan, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah ingin segera melakukan sejumlah perbaikan hingga pembebasan lahan agar kawasan tersebut dapat disterilkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur melalui Kabid Kesenian dan Budaya, Anto Susilo, keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan hal tersebut menyusul diresmikannya kawasan Geopark Cilatuh, Kabupaten Sukabumi.

“Yang mendapat pengajuan teratas dari Pemerintah Jawa Barat ke pusat itu ada tiga, yakni Situs Gunung Padang, Geopark Ciletuh dan Gua Pawon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat,” jelas Anto.

Kendati masyarakat sudah lama mengetahui keberadaan situs Gunung padang, Anto menilai, untuk dilakukan penelitian terkait situs Gunung Padang memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, perlu kajian mendalam. Terlebih, situs Gunung Padang merupakan warisan zaman prasejarah yang belum mengenal tulisan.


“Kalau dibandingkan dengan Candi Borobudur yang reliefnya menceritakan sesuatu, situs Gunung Padang masih terbilang lebih sulit. Borobudur saja memakan waktu sepuluh hingga 14 tahun, apalagi Gunung Padang,” ungkapnya.

(radar cianjur/lan/cr1)