Guru PNS Cianjur Ingin Naik Pangkat, Ini Syaratnya

guru
Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan dinas pendidikan wajib membuat karya ilmiah. Baik itu guru, penilik, pengawas, maupun pamong belajar.

Kapusbindik Cibeber Agus Supiandi mengatakan, berdasarkan Dupak sesuai Permen PAN RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Format Usulan PAK untuk menilai kinerja guru, dan DUPAK Permen PAN Nomor 84 Tahun 1993.

Berdasarkan DUPAK Permen PAN Nomor 84 Tahun 1993 guru harus menyerahkan bukti fisik, seperti melampirkan foto copy kartu pegawai, foto copy SK NIP perubahan, foto copy PAK lama, PAK penyesuaian, SK pangkat terakhir, dan SK penyesuaian jabatan.

“Sedangkan kinerja guru meliputi SK pembagian tugas mengajar, SK penugasan tugas tambahan, serta pengembangan diri berupa surat tugas karya ilmiah,” terang Agus.


Dijelaskannya, baik guru, pengawas, penilik maupun pamong belajar, apabila ingin kenaikan pangkat wajib membuat karya ilmiah.

“Aturan sekarang memang sedikit ribet karena harus membuat karya ilmiah. Sedangkan aturan dulu tidak seperti itu,”tegasnya.

Menurut Agus, aturan yang baru akan membuat nasib guru, pengawas, penilik dan pamong belajar semakin sulit untuk naik pangkat. Kalau yang masih muda mungkin membuat karya ilmiah memang bagus, tetapi bagi yang sudah tua usianya atau di atas 40 tahun akan terasa menyulitkan.

“Sebaiknya Kemendikbud pada saat membuat aturan harus dipikir terlebih dahulu dampaknya, karena bagi pegawai yang sudah tua cara seperti itu tidak efektif,” ungkapnya.

(radar cianjur/riz)