Disdik Cianjur Apresiasi Wacana Sistem Baru Ujian Nasional

ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cianjur apresiasi wacana ujian nasional menggunakan tiga jenis, yakni ujian nasional utama, ujian nasional perbaikan 2015, dan ujian nasional perbaikan 2016, yang akan diterapkan tahun 2016 oleh Kemendikbud.

“Ini kabar gembira bagi dunia pendidikan. Pasalnya program itu dapat membantu siswa dalam mendapatkan nilai yang bagus, karena ada kesempatan untuk memperbaiki nilai yang kurang memuaskan,” kata Sekdis Kabupaten Cianjur Jum’ati.

Ujian nasional utama adalah ujian nasional yang diselenggarakan serempak seluruh Indonesia, ujian nasional perbaikan 2015 adalah siswa akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai-nilai mata pelajaran yang jelek.

Sedangkan ujian nasional perbaikan 2016 adalah siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun sekarang tidak lulus, dan akan diberikan kesempatan untuk memperbaikinya.


“Siswa yang jelek nilanya tidak harus ikut ujian persamaan lagi seperti dulu,” terang Jum’ati.

Sementara itu, Humas SMPN 3 Cianjur Asep Willa menambahkan, pihaknya sangat mendukung atas rencana pemerintah yang akan menerapkan tiga jenis ujian nasional. Hal itu merupakan salah satu upaya sekolah dalam mencegah terjadinya siswa tidak lulus UN.

“UN sebelumnya banyak siswa yang trauma bahkan stres karena tidak lulus ujian nasional, sehingga harus mengikuti ujian persamaan paket A, B dan C. Tetapi untuk sekarang siswa memiliki dua kesempatam untuk memperbaiki nilai yang jelek,” tukasnya.

(radar cianjur/riz)