Warga Cianjur! sebelum Nikah, Ikuti Kursus Dulu di KUA

TERAMPIL: Pasangan-pasangan calon pengantin di Kecamatan Gekbrong, mengikuti Kursus Pranikah yang diselenggarakan oleh KUA Gekbrong, sebagai bekal mereka dalam membangun rumahtangga.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Sebanyak 5 pasang calon pengantin warga Kecamatan Gekbrong, mengikuti kegiatan Kursus Pranikah yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Gekbrong pada hari Kamis (11/02/2016) kemarin.

Sebelumnya, kelima pasangan tersebut telah terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan pemeriksaan berkas, sebagai persyaratan untuk melaksanakan pernikahan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Sebagai salahsatu persyaratan menikah, kegiatan Kursus Pranikah itu disambut antusias oleh para calon pengantin, terbukti dengan kehadiran mereka yang membawa anggota keluarga yang lain, sehingga KUA Gekbrong yang tidak terlalu luas menjadi semarak dan penuh sesak.

Kepala KUA Gekbrong, Kusmayadi Sag, mengatakan bahwa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, antara lain Kebijakan Pemerintah tentang Pembinaaan Keluarga Sakinah, Kebijakan tentang Kursus Pranikah, Kebijakan tentang Perkawinan dan Pembinaan Rumahtangga, Hukum Munakahat, Pelaksanaan Fungsi Reproduksi dalam Keluarga, Pelaksanaan Fungsi-fungsi Keluarga, Merawat Cinta Kasih dalam Keluarga, Manajemen Konflik dalam Keluarga, dan Psikologi Perkawinan dalam Keluarga.


“Kursus Pranikah ini sangat banyak manfaatnya, yaitu calon pengantin jadi tahu bagaimana mengarungi bahtera rumah tangga,” kata Kusmayadi.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta akan diberikan piagam sebagai bukti telah mengikuti kegiatan Kursus Pranikah, sekaligus menjadi berkas pelengkap pada Surat Permohonan Kehendak Meniikah para calon pengantin.

(radar cianjur/dil)