TPT Maleber Terbengkalai, Jalan Desa Kebanjiran

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kondisi Tembok Penahan Tanah (TPT) di Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah,cukup memprihatinkan karena lokasinya dipenuhi genangan air musim hujan. Jalan desa di lokasi ini tak ubahnya ibarat selokan, air tumpah naik ke badan jalan, dan warga serta pengguna jalan mengeluhkan kondisi tersebut, juga menilai perlu adanya pembangunan saluran drainase.

Menurut Satibi (40), salahseorang warga setempat, sudah lama kondisi TPT tersebut terbengkalai, dan air selalu banjir naik ke jalan. Menurutnya, seharusnya sebelum dilakukan pengaspalan jalan, TPT yang lebih dulu diutamakan.

“Mau tidak banjir gimana? Air naik ke badan jalan karena TPT dan jalan rata. Harusnya jalan lebih tinggi dari TPT,” ujarnya, Rabu (10/2/2016).

Warga berharap agar Pemerintah Desa (Pemdes) Maleber bisa lebih pro-aktifdan bersikap menjemput bola dalam menyelesaikan keluhan masyarakat.
Ada banyakbantuan pemerintah pusat dan provinsi yang disalurkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), atau Bantuan Provinsi (Banprov), yang menurut warga, harusnya bisa disisihkan untuk pembenahan TPT.


“Kami mewakili warga, sangat mendambakan pembenahan segala bidang. Di titik ini harus ada pembangunan TPT. Pasalnya, kalau terus dibiarkan terbengkalai, jalan akan rusak. Ini merupakan masukandan kritik membangun demi kemajuan serta perubahan desa ini,” komentar Iwan (52) warga Desa Maleber lainnya.

(radar cianjur/mat)