Buruh PT Fasic Cianjur Desak Dewan Panggil Pimpinan Perusahaan

Buruh Cianjur

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Belum menemukan titik terang dari pihak Perusahaan PT Fasic Indonesia, buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja (SP) di Kabupaten Cianjur, kembali gelar aksi. Kali ini ratusan buruh mengadu ke gedung DPRD Cianjur.

Perwakilan buruh menuntut atas pemutusan hubungan kerja (PHK) tiga rekanya secara sepihak. Mereka juga minta difasilitasi oleh dewan untuk memanggil pihak manajemen PT Fasic Indonesia.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP TSK SPSI ) Kabupaten Cianjur, Hendra Malik mengatakan, aksi tersebut merupakan lanjutan dari aksi di PT Fasic menuntut agar perusahaan tidak melakukan intimidasi dan larangan berorganisasi pada para karyawan, lantaran kebebasan berserikat sudah diatur dalam Undang-Undang.

“Anggota kami yang bekerja di PT Fasic masih dalam kondisi mendapat tekanan dan intimidasi dari pihak manajemen perusahaan, padahal dalam UU sudah jelas diatur siapapun tidak boleh ada yang melarang ataupun mengajak secara paksa,” kata Hendra, disela-sela aksi, Rabu (10/2/2016).


Sebelumnya pihaknya juga telah menggelar aksi agar bisa bertemu dengan pihak manajemen PT Fasic, namun pihak perusahaan menolak mereka.

“Hal ini membuktikan bahwa pihak perusahaan tidak punya niat baik dan tak mau diajak damai melalui mediasi. Harusnya mencari jalan solusi dan langkah terbaik,” tegas Hendra.