Tingkatkan Minat Baca Pelajar Cianjur, Rumah Baca Budaya Padukan Unsur Seni

Rumah Baca Budaya

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Banyak cara agar minat baca para pelajar meningkat. Salah satunya seperti yang dilakukan Lembaga Pendidikan Rumah Baca Budaya dengan menggelar acara musik.

Direktur Utama Rumah Baca Budaya Rival Nurgoib menjelaskan, Rumah Baca Budaya bekerjasama dengan mahasiswa UPI, UNPAD, dan perguruan tinggi lainnya di Bandung, menyelenggarakan acara musik sebagai media menarik minat para pelajar di Kabupaten Cianjur agar gemar dalam membaca.

Pasalnya, berdasarkan data di Kabupaten Cianjur, ternyata tak sedikit para pelajar yang malas membaca buku. Makanya atas dasar itu, pihaknya tergugah hati ingin mengajak mereka untuk rajin membaca buku.

“Bentuk acaranya memadukan musik, puisi dan kesenian lainnya, karena kebetulan para pengurus Rumah Baca Budaya ini kebanyakan mengambil jurusan seni rupa, sehingga dapat saling berbagi ilmu dengan para pelajar di Cianjur,“ jelasnya.


Menurutnya, tujuan memadukan dunia seni dengan membaca agar para pelajar tidak jenuh pada saat membaca, karena mereka akan disuguhkan dengan beberapa lantunan lagu yang dibawakan oleh para pengurus Rumah Baca Budaya.

“Orang kalau cuma membaca tanpa ada hiburan lama-lama akan merasa bosan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Rumah Baca Budaya rencananya akan menggelar road show ke sekolah-sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, perguruan tinggi hingga lapas.

“Selama kegiatan ini berlangsung. Alhamdulillah antusias masyarakat sangat luar biasa, mereka senang dengan kehadiran kami,” ungkapnya.

(radar cianjur/riz)