Rawan Longsor, Kantor Kecamatan Cugenang Akan Direlokasi

Kantor Kecamatan Cugenang

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Kantor Kecamatan Cugenang rencananya akan segera dipindah. Mengingat lokasi yang saat ini dianggap sudah tidak representatif dan rawan longsor.

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Cianjur Usep Setiawan menuturkan, Kantor Kecamatan Cugenang berada tepat di atas tebing dan jauh dari pedesaan. Makanya Kantor Kecamatan Cugenang wacananya akan segera dipindahkan pada tahun ini.

“Saya setuju saja dengan wacana yang muncul dari Pemkab Cianjur ini, asalkan selama alasannya rasional. Masalah pemindahan ini, kami akan lakukan pembahasan lebih lanjut dengan OPD,” ujarnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Cianjur Akos Koswara mengatakan, berdasarkan kajian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Lokasi Kantor Kecamatan Cugenang di Jalan Raya Cugenang, Desa Cijedil, masuk ke dalam daerah rawan longsor.


Atas dasar itu, Kantor Kecamatan Cugenang harus segera diirelokasi. Pemkab Cianjur berencana tahun 2016 ini akan membeli lahan untuk kantor kecamatan yang lebih layak dan representatif, karena bangunan kantor yang ada saat ini kurang layak dan berada di daerah yang rawan longsor.

“Tahun 2016 ini. Pemkab Cianjur hanya mengalokasi anggaran untuk dua pembebasan tanah yakni tanah untuk Kantor Kecamatan Cugenang, dan sisa tanah untuk Pasar Induk Pasirhayam,” jelasnya.

Mengenai dana untuk untuk pembebasan tanah Kantor Kecamatan Cugenang, lanjutnya Akos, besarannya disesuaikan dengan kebutuhan. “Yang jelas sudah disiapkan anggaran untuk Kantor Kecamatan Cugenang yang baru, dan tahun ini akan segera direlokasi,” ungkapnya.

(radar cianjur/fhn)