PWI Cianjur Berencana Bentuk LBH Pers

Hari Pers Nasional

POJOKJABAR.com, CIANJUR – 9 Februari (kemarin,red) diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Cianjur melalui Wakil Ketua, Ahmad Fikri menegaskan, momentum HPN tahun 2016 ini sejatinya dijadikan suatu ajang para insan Pers di Cianjur menjadi lebih baik lagi.

“Intinya, kita juga sama dengan rekan-rekan Pers yang lain, bahwa ke depan kita harus semakin profesional, beretika, dan berbudaya dalam rangka turut serta dalam membangun daerah,” tegas Orik sapaan akrab nya.

Karenanya, ia pun mengajak para insan Pers di Cianjur, baik media cetak, maupun media elektronik untuk bersama-sama membangun citra Pers yang turut serta berperan dalam membangun Cianjur.

Bukan lagi sibuk mencari permasalahan, melainkan memberi solusi, pencerahan dan pencerdasan terhadap masyarakat.


“Kita sebagai kontrol sosial punya peranan tersendiri. Kita juga dilindungi oleh Undang-undang dalam melakukan tugas. Rekan-rekan yang mengaku sebagai wartawan, mari kita bekerja bersama-sama. Apalagi kita punya lembaga resmi yang menaungi yakni PWI,” ungkapnya.

Insan Pers juga memiliki satu lagi kendala yang sering ditemui saat melakukan peliputan, yakni intimidasi, baik secara fisik maupun secara psikis.

Sebagai salah satu upaya dalam menghalalkan ulah tersebut, Orik juga berencana membentuk sebuah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers yang difungsikan untuk melindungi insan Pers yang mendapat perlakuan kurang menyenangkan saat melakukan peliputan.

“Setelah pelantikan kepengurusan PWI yang baru nanti, kita akan membentuk LBH Pers. Itu juga jadi salah satu langkah agar tidak terjadi lagi tindak kekerasan terhadap insan Pers,” tutupnya.

(radar cianjur/lan)