Mengintip Cara P4S Cianjur Kembangkan Sayuran dalam Pot

KREATIF: Sejumlah anggota P4s tengah memasukan tanah dan bibit ke dalam media pot.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Bagi kelompok pertanian yang tergabung ke dalam Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), tanah yang subur di daerah Pacet adalah sebuah anugrah. Sehingga mendorong P4S untuk mengembangkan budidaya sayuran dalam pot.

Berpusat di Kampung Cibodas Parigi RT 2/5, Desa Cibodas, Kecamatan Pacet. Kelompok pertanian P4S terus mengembangkan budidaya sayuran dengan menggunakan media pot hingga polybag. Upaya ini dilakukan agar bisa membantu masyarakat, karena pemasarannya sudah merambah luar Cianjur.

“Budidaya aneka jenis sayuran dengan menggunakan pot atau polybag menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan sempit,” kata Pengurus P4S Nanang.

Selain mudah, cara seperti ini sangat ekonomis dan bisa dipraktekan langsung di rumah. Namun perlu diingat, media tanam itu merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan dalam kegiatan bercocok tanam, sehingga pengembangan melalui pot dan polybag harus dilakukan secara teliti.


“Media tanam ini akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya mempengaruhi hasil produksi. Menanam sayuran dalam pot atau polybag bisa dilakukan siapa saja, asalkan ulet dan mau belajar,” ujarnya.